banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Mendagri M. Tito Karnavian; Pemda perlu segera melakukan pencairan insentif bagi tenaga kesehatan

  • Bagikan

Kantong Berita, TAPTENG-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M. Tito Karnavian menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Penyebaran Dan Penanganan Covid-19 serta Percepatan Realisasi Insentif Bagi Nakes di Daerah secara virtual bersama Pemerintah Daerah, Selasa (29/6).

Selain Mendagri, yang menjadi narasumber pada rakor tersebut, diantaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh.

Sementara itu, pada rilis berita Dinas Kominfo Tapteng, yang mewakili Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) pada Rakor yang digelar di Ruang Rapat Sekdakab Tapteng, hadir Sekretaris Daerah, Yetty Sembiring, SSTP, MM yang ditugaskan langsung oleh Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Drs. Erwin Marpaung.

Baca Juga :   Perdana di Pantai Barat Sumut, Pemkab Tapteng Launching Vaksinasi Covid-19

Kemudian, Inspektur Inspektorat yang diwakili oleh Sekretaris Dra. Nurjalilah, Kepala BPKPAD Basyri Nasution, SP, dan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan yang diwakili oleh Kabid P2P Ernita Naibaho, S.Gizi.

Pada Rakor tersebut, memaparkan tentang realisasi dan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2021, khususnya untuk menangani Pandemi Covid-19 dan percepatan pemulihan ekonomi dengan berbagai landasan dasar hukum dan turunannya yang diterbitkan oleh berbagai Kementerian.

Seperti Kemendagri, Kementerian Keuangan RI, Kementerian Kesehatan RI serta Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

‚ÄúTenaga kesehatan merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Tanggung jawab resiko yang diemban sangatlah besar. Untuk itu, Pemda perlu segera melakukan pencairan insentif bagi tenaga kesehatan (nakes). Simplifikasi prosedur pencairan juga harus dilakukan dengan tidak mengurangi aspek akuntabilitasnya,” kata Mendagri dalam pemaparannya.

Baca Juga :   Polisi Tangkap 2 Pria dari Depan Ruko Sarudik; Disita Sabu dan Ekstasi

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati didalam pemaparannya menjelaskan tentang kebijakan penggunaan transfer ke daerah dan dana desa untuk penanganan Covid-19.

Kemudian, pada pemaparan yang disampaikan oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menjelaskan tentang realisasi pembayaran insentif Nakes, meliputi tunggakan insentif TA. 2020, insentif TA. 2021 dan santunan kematian.

Tak hanya itu, pada Rakor tersebut juga dibahas berbagai kendala dalam realisasi pembayaran inakesda di daerah. Dan yang terakhir, adanya solusi yang diberikan untuk mengatasi kendala tersebut. (ril)

  • Bagikan