banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Ketua Karang Taruna Berang, Tanaman Mangrove Disekitar TBBM Sibolga Rusak; Ada yang menyebut akibat tumpahan Solar

  • Bagikan
Foto : Ketua Karang taruna Sibolga, Denni Aprilsyah Lubis.

Kantong Berita, SIBOLGA-Ketua Karang Taruna Sibolga, Denni Aprilsyah Lubis berang saat melihat kondisi Tanaman Mangrove yang berada di belakang Terminal Pengisian Bahan Bakar Minyak (TBBM) atau Depot Pertamina Sibolga rusak.

Selain kondisi tanaman yang mengering dan berwarna kecoklatan, juga banyak pohon Mangrove yang sengaja ditebang.

Video pernyataan Ketua Karang Taruna Sibolga, Denni Aprilsyah Lubis. 

Kekesalan Pria yang juga menjabat sebagai Kabid Infokom Dinas Kominfo Sibolga tersebut dituliskannya pada dinding akun Facebook nya.

Bukan tanpa alasan pria plontos tersebut berang melihat kondisi tanaman Mangrove saat ini, selain karena kecintaannya kepada alam, dia juga mengaku sebagai bagian yang pernah ikut menanam pohon Mangrove disekitar TTBM Sibolga tersebut.

Dia bersama para pemuda dari Organisasi Kepemudaan (OKP), pernah berjibaku menanam pohon Mangrove tersebut tepat pada hari sumpah pemuda tahun 2014 yang lalu.

“Saya Ketua Karang Taruna Kota Sibolga, bersama rekan-rekan Pemuda dan salah seorang sahabat kami Juara Terbaik I Nasional Wana Lestari 2019 Kategori Kader Konservasi Alam dari Presiden RI, Wibi Nugraha S dulu ikut menanam dan bersumbangsih ratusan bibit Mangrove disini. 2014 lalu, tepat di hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, kami bersama rekan-rekan Pemuda/OKP, menanam Mangrove di lokasi sekitaran Terminal BBM Pertamina Sibolga. Hati kami tergores, saat usaha kami menjaga ekosistem alam dengan bersumbangsih bibit dan menanam Mangrove. Saat ini Taman Mangrove itu telah rusak, entah oleh ulah tangan siapa dan semoga bukan disengaja,” tulis Denni dalam akun Facebook-nya.

Baca Juga :   Wali Kota Sibolga; Jangan setelah kejadian, baru bilang tanggungjawab

Awalnya pria plontos ini menduga kalau tanaman tersebut rusak karena diracun oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Pohon Mangrove yang sebelumnya tumbuh subur di kawasan sekitaran Terminal BBM Pertamina Sibolga mengering, dan terkesan sengaja di racun,” tulisnya.

Tak hanya itu, pada dinding FB nya tersebut, dia menyebut bahwa Pemko Sibolga melalui Dinas PKPLH pernah bersumbangsih dengan menghabiskan banyak anggaran Negara untuk menanam dan menjaga kawasan Mangrove tersebut.

Bahkan Pemko Sibolga telah berencana menjadikan lokasi tersebut sebagai kawasan Wisata Mangrove.

Kini, tanaman tersebut telah rusak. Denni mengimbau kepada oknum atau pihak yang merasa sebagai pelaku pengrusakan agar sadar tentang pentingnya ekosistem alam dan menata kembali lokasi tersebut dengan menanam tanaman Mangrove yang baru.

Baca Juga :   Barang Bukti Sempat Dibuang; Warga Jalan Bawal Berhasil Ditangkap

“Siapapun pelakunya untuk kepentingan apapun, tolong hentikan. Sadarlah anda telah merusak ekosistem alam. Ayo kita suarakan agar ini diusut tuntas dan untuk kembali ditanam dengan baik. Semoga bermanfaat bagi keasrian kembali Hutan Mangroove itu. Sehingga mendapatkan perhatian khusus dari Menteri Lingkungan Hidup dan Pertanggungjawaban dari Pelaku,” tulis Denni.

Postingan Ketua Karang Taruna Sibolga tersebut mendapat 17 komentar, salah satunya dari pemilik akun Mikey yang menyebutkan, rusaknya pohon Mangrove tersebut diakibatkan tumpahan minyak solar.

“Itu mati di akibat kan minyak solar yang bocor dari area Pertamina pak Denni Aprilsyah Lubis. Saya menyaksikan pada saat itu. Akibat insiden itu banyak warga yang mendapatkan minyak solar Gratis,” tulisnya dalam kolom komentar.

Belum diketahui pasti penyebab rusaknya tanaman Mangrove tersebut. Dan hingga berita ini diturunkan, belum diperoleh keterangan dari pihak TBBM Sibolga mengenai informasi yang menyebut rusaknya Mangrove tersebut karena tumpahan Solar. (red)

  • Bagikan