PWI Sibolga-Tapteng Kembali Terbentuk Setelah 25 Tahun Vakum

  • Bagikan
Foto : Ketua PWI Sumut, H. Hermansjah mengukuhkan pengurus PWI Sibolga-Tapteng.

Kantong Berita, TAPTENG-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) akhirnya kembali terbentuk di Sibolga-Tapanuli Tengah (Tapteng) Sumatera Utara, setelah pengurus cabang dikukuhkan oleh pengurus PWI Sumut di Ball Room Hotel Pia Pandan, Sabtu (11/9).

Foto : Ketua PWI Sumut, H. Hermansjah menyerahkan pataka kepada Ketua Cabang PWI Sibolga-Tapteng Sahat Jason Gultom

Diketahui, PWI di 2 daerah ini telah vakum, tidak ada kepengurusan selama kurang lebih 25 tahun.

Kini, bendera PWI kembali berkibar di wilayah Sibolga-Tapteng, di nahkodai oleh Sahat Jason Gultom yang terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Cabang dalam konfrensi yang dihadiri oleh Ketua PWI Sumut, H Hermansjah, SE, Sekretaris Edward Thahir, S.Sos dan Ketua Bidang Organisasi, Drs Khairul Muslim.

“Hari ini kami merasa bangga karena dapat mengukuhkan kepengurusan PWI Sibolga-Tapteng. Dan itu membutuhkan waktu 25 tahun. Karena dalam kurun waktu yang cukup panjang itu, kepengurusan PWI di Sibolga-Tapteng sama sekali kosong. Dan hari ini menjadi sejarah bagi kita, karena kami dapat mengukuhkan pengurus PWI Sibolga-Tapteng. Kiranya kerja keras teman-teman di PWI Sibolga-Tapteng ini dapat dicontoh oleh PWI daerah lain,” kata Ketua PWI Sumut H. Hermansjah dalam sambutannya.

Sekilas, Hermansjah dalam sambutannya menceritakan awal mula PWI hadir kembali di Sibolga-Tapteng. Bermula dari dibentuknya Pokja (Kelompok Kerja) oleh Sahat Jason Gultom dan kawan-kawan.

Foto : Pengurus PWI Cabang Sibolga-Tapteng dikukuhkan

Karena saat itu, jumlah anggota belum memenuhi syarat untuk membentuk kepengurusan cabang di Sibolga-Tapteng.

Baca Juga :   Jalinsum Sibolga-Tarutung Tertutup Longsor, Kendaraan Dialihkan ke Jalan Rampah-Poriaha

Seiring berjalannya waktu, Pokja ini memulai perjuangannya dengan menggelar Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XXX di Hotel PIA Pandan.

Beranjak dari UKW ini, 2 wartawan Sibolga-Tapteng yang berhasil lulus kemudian dikirim mengikuti ujian PWI di Medan bersama 4 anggota Pokja yang akan naik tingkat dari wartawan muda menjadi wartawan biasa.

Setelah ke 6 nya berhasil lulus, maka persyaratan jumlah untuk membuka cabang pun telah terpenuhi.

“Untuk itulah, kami sangat mengapresiasi kepengurusan PWI Sibolga-Tapteng yang dinahkodai adinda kami Sahat Jason Gultom. Kiranya kekompakan pengurus dan anggota, ditambah sinerginitas dengan stakeholder mampu membesarkan nama PWI yang kita cintai ini,” imbuhnya.

Sama halnya dengan PWI Sumut di bawah kepemimpinan Hermasjah, di periode pertamanya sebagai Ketua, PWI Sumut telah berhasil menggelar 30 kali UKW.

Ini merupakan prestasi, yang menjadi nilai plus yang diberikan oleh PWI Pusat kepada pengurus PWI Sumut dibawah komando Hermansjah.

Dalam sambutannya, Ketua PWI Sibolga-Tapteng, Sahat Jason Gultom, mengawali dengan mengucapkan terima kasih dan rasa bangga atas kepercayaan yang diberikan PWI Sumut.

Begitu juga ucapan terimakasih kepada Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani, yang telah mendukung keberadaan PWI Sibolga-Tapteng dengan menampung anggaran pada APBD Pemkab Tapteng tahun 2021.

“Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada manajemen PT Agincourt Resources (Tambang Emas Martabe) yang mendukung setiap kegiatan PWI Sibolga-Tapteng. Kiranya kemitraan yang sudah terjalin selama ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Dan kami juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Sibolga, Bapak H. Jamaluddin Pohan yang akan menampung anggaran PWI di APBD Kota Sibolga,” kata Jason.

Baca Juga :   Ditinggal ke Kebun, Rumah Wartawan di Barus Dilalap 'Si Jago Merah'

Sementara itu, mewakili mitra kerja PWI Sibolga-Tapteng dari PT. Agincourt Resources dalam sambutannya mengaku siap mendukung setiap kegiatan positif dari PWI seperti yang selama ini telah terlaksana.

“Atas nama manajemen PT. AR, kami mengucapkan selamat dan sukses pengukuhan pengurus PWI Sibolga-Tapteng periode 2021-2024,” kata Dedy Bugis mewakili PT. AR.

Hadir pada pengukuhan, Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul, yang mewakili Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, yang berharap dengan hadirnya PWI di Sibolga-Tapteng dapat menjadi contoh bagi para wartawan dalam menyajikan berita yang baik dan benar.

Ada pun kepengurusan PWI Sibolga-Tapteng periode 2021-2024 diantaranya, Ketua Sahat Jason Gultom, Wakil Ketua Abdul Haris Sikumbang, Sekretaris Preddy Situmorang, Wakil Sekretaris Petrus Gulo, Bendahara Jhonny Simatupang, anggota Ridwan Tober Butarbutar dan Toga Sianturi.

Pengukuhan juga dihadiri oleh Asisten I Pemko Sibolga, Hendra Darmalius, Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sibolga, Aswin Kosotali, mewakili Danrem Kap Inf Darwin Gultom dan mewakili Danlanal Sibolga. (red)

  • Bagikan