Kabar Gembira Bagi Pelajar yang Punya Bakat Menulis, PWI Sibolga-Tapteng Membuka Pendaftaran Lomba Karya Tulis Tingkat SMA Sederajat

  • Bagikan
Foto : Brosur lomba karya tulis yang digelar PWI Sibolga-Tapteng.

Kantong Berita, SIBOLGA-Bagi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang punya bakat menulis, ada kabar gembira dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sibolga-Tapteng.

Organisasi jurnalis ini akan menggelar sebuah lomba karya tulis ilmiah untuk tingkat SMA sederajat se-Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Tema yang diusung pada lomba ini adalah ‘Masa Depan Pendidikan di Tengah Pandemi COVID-19’.

Adapun syarat untuk mengikuti lomba karya tulis Ilmiah ini, diantaranya peserta lomba merupakan pelajar tingkat SMA/SMK/MA/sederajat Negeri dan Swasta se-Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah.

Kemudian, peserta lomba adalah individu bukan tim dan karya tulis ilmiah diketik dengan menggunakan Microsoft Word, dengan penggunaan tata bahasa yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD).

Karya tulis yang dilombakan minimal 4 halaman dan maksimal 30 halaman. Itu tidak termasuk daftar pustaka dan lampiran.

Untuk format penulisan, diharuskan menggunakan ukuran kertas A4, dengan Font Time News Roman. Ukuran font 12, dengan Spadi 1,5, Margin kiri 4 cm, kanan 3 cm, atas 3 cm, bawah 3 cm dan ukuran font judul Cover Depan 24.

Karya tulis yang diajukan ke panitia, yang benar-benar belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan dalam lomba sejenis atau bukan karya jiplakan (plagiat).

Karya tulis yang tidak sesuai ketentuan akan didisikualifikasi. Karena keputusan Dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Masih ada syarat lainnya, sifat dan isi karya tulis harus memenuhi syarat, diantaranya, kesesuaian dengan tema, yakni Orsinil, kritis, kreatif, inovatis dan aplikatif, logis, sistematis serta objektif.

Baca Juga :   Viral Video Perabot di Rumah Dinas Wali Kota Sibolga yang Hilang Kembali Lagi; Kabag Pembangunan Bilang Bukan Itu

“Pendaftaran peserta secara online mulai hari ini Kamis 23 September 2021, sampai dengan tanggal 13 Oktober 2021. Karya tulis dikirim ke email:[email protected] dalam bentuk soft file atau pdf. Untuk pengumuman pemenang pada hari Sabtu 16 Oktober 2021 pukul 09.00WIB di PIA Hotel Pandan,” kata Ketua Panitia Lomba Ridwan Butarbutar.

Untuk total hadiah, panitia telah menyiapkan puluhan juta rupiah, mulai dari Juara I hingga Juara Harapan III. Ditambah dengan Piala (bagi Juara I-III) dan piagam.

“Lomba karya tulis ini gratis, dan dapat mengirimkan karya tulis maksimal 3 karya tulis. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami panitia, di nomor kontak HP/WA 08126831263 atas nama Rindwan Tober,” ungkapnya.

Ditimpali Ketua PWI Sibolga-Tapteng, Sahat Jason Gultom yang menjelaskan tujuan lomba digelae untuk memberikan waktu dan ruang bagi siswa-siswi SMA/SMK/MA/sederajat yang ada di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah, untuk dapat menuangkan/menyalurkan potensi, prestasi, minat dan bakat menulisnya.

Seperti diketahui, dibeberapa tahun terakhir ini, tidak pernah lagi digelar lomba karya tulis ilmiah di kedua daerah, Sibolga dan Tapteng.

“Kalau tidak salah, tahun 2015 lalu terakhir dilaksanakan lomba karya tulis Ilmiah dalam rangka Hari Jadi Tapteng ke 70. Kebetulan saya saat itu salah satu dewan jurinya. Dan untuk Kota Sibolga tahun 2016 lomba karya tulis ilmiah Karang Taruna. Melalui PWI Sibolga-Tapteng, kita kembali menggalakkan Lomba Karya Tulis Ilmiah ini khusus untuk pelajar SMA/SMK/MA/ Sederajat,” kata Jason.

Baca Juga :   Jurtul Togel di Tapteng 'Bernyanyi' Sebut Nama Bandar

Menurutnya, tema lomba karya tulis sengaja dipilih sekaitan dengan situasi Pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih mengganggu pola hidup masyarakat, termasuk dunia pendidikan.

Dimana sistem pembelajaran yang diterapkan pemerintah tidak lagi dengan cara tatap muka, melainkan dengan sistem daring atau online. Sehingga, melalui karya tulis ini, dapat diketahui dampak Pandemi Covid-19 terhadap pelajar.

“Melalui karya tulis ini, kita mengharapkan masukan dan pengalaman para peserta (siswa/i) dalam kurun waktu dua tahun belajar secara daring. Dan kita juga ingin mengetahui bagaimana pandangan mereka terhadap masa depan pendidikan di tengah Pandemi Covid-19 ini. Untuk itulah, kami dari PWI mengharapkan peserta dapat menuangkan pengalaman belajar mereka baik itu secara daring, during serta tantangan dan kendala yang dihadapi,” pungkasnya.

Ketua PWI Sibolga-Tapteng ini berharap, semua siswa SMA/SMK/MA/Sederajat se-Kota Sibolga-Tapteng ikut terlibat dengan mengirimkan karya tulisnya.

“Jangan takut untuk mencoba. Karena menulis itu sangat menarik. Dan karya tulis para pemenang nanti akan kita publikasikan di media-media partner PWI Sibolga-Tapteng beserta asal sekolahnya. Dan acara penganugerahan para pemenang akan kita laksanakan khusus di PIA Hotel Pandan. Kami tunggu karya dari adik-adik kami,” tandasnya. (red)

  • Bagikan