Danlanal Sibolga Launching Kelompok Budidaya Ikan Keramba Apung Bahari; Menopang Kesejahteraan dan Kemandirian Ekonomi

  • Bagikan
Foto : Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Syaifuddin Zuhri, M.Tr. Opsla, didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 3 Korcab II DJA I Ny. Reny Syarifuddin Zuhri saat Launching Kelompok Budidaya Ikan Apung Bahari Sibolga sekaligus Panen Raya Ikan di Keramba Jaring Apung, di Perairan Pulau Panjang Kota Sibolga, Selasa (26/10/2021).

Kantong Berita, SIBOLGA-Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Sibolga Letkol Laut (P) Syaifuddin Zuhri, M.Tr. Opsla menggelar Launching Kelompok Budidaya Ikan Apung Bahari Sibolga sekaligus Panen Raya Ikan di Keramba Jaring Apung, di Perairan Pulau Panjang Kota Sibolga, Selasa (26/10/2021) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Jalasenastri Cabang 3 Korcab II DJA I Ny. Reny Syarifuddin Zuhri, Kadis Perikanan, Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Sibolga Binsar Manalu.

Kemudian, Dr. Lusian P. Sitanggang, S.Pi, MS, Pelaku Budidaya Ikan Apung Bahari Jefry Wilson Lie serta Komandan Kal Sarudik 1-2-18 Kapten (P) Fidel Castro.

Danlanal dalam sambutannya menjelaskan, acara Launching Kelompok Budidaya Ikan Apung Bahari Sibolga dan panen raya ikan di keramba jaring apung tersebut, dalam rangka pembinaan ketahanan wilayah Maritim.

Baca Juga :   Sekarang, Besuk Tahanan di Polres Sibolga Online

“Melalui wujud nyata pembinaan kondisi sosial masyarakat, yang diarahkan untuk ikut serta memelihara, melestarikan serta memanfaatkan sumber daya maritim dalam menopang kesejahteraan dan kemandirian ekonomi. Serta meningkatkan kwalitas hidup masyarakat di Kota Sibolga,” kata Danlanal mengawali sambutannya.

Tak hanya itu, dia juga berharap, potensi maritim dengan melakukan pembinaan dan pengembangan budidaya ikan melalui keramba jaring apung dapat mewujudkan program ketahanan pangan masyarakat.

“Apalagi di masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Danlanal juga berharap, kegiatan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pelaku usaha, masyarakat, nelayan, pelajar dan mahasiswa.

Karena menurutnya sangat bermanfaat sebagai solusi sumber penghasilan baru dan juga menambah ilmu pengetahuan khususnya dibidang keramba jaring apung.

Baca Juga :   Pabrik Es Kristal CV. Usaha Rita 229 Belum Kantongi Izin Kesehatan dan IUI

“Pada kesempatan ini, juga kita akan melaksanakan panen ikan sebanyak 300 ekor. Jenis ikan kerapu, ikan jarang gigi dan ikan gabu. Yang pemanfaatannya diharapkan sebagai acuan dalam pemasaran ikan keramba jaring apung,” tukas Danlanal.

Kedepannya kelompok budi daya ikan Bahari dapat berkoordinasi langsung dengan Dinas Perikanan Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Sibolga, demi kemajuan perekonomian kota Sibolga.

“Ini untuk mendukung visi misi Wali Kota Sibolga dalam mewujudkan Sibolga Pintar, melalui pengembangan usaha budidaya perikanan keramba jaring apung yang ramah lingkungan, serta dalam mewujudkan ketahanan pangan dan menunjang perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (red)

  • Bagikan