Kunker Kepala Perpusnas RI ke Tapteng; Pemerintah harus hadir dalam mengajak masyarakat untuk membudayakan minat baca

  • Bagikan
Foto : Penyerahan BPKB satu unit Sepeda Motor Perpustakaan Keliling dan Mobil Perpustakaan Keliling yang diberikan pada tahun 2017 silam kepada Pemkab Tapanuli Tengah.

Kantong Berita, TAPTENG-Bupati Tapanuli Tengah, Bahktiar Ahmad Sibarani diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Drs. Erwin Marpaung menyambut kunjungan kerja (Kunker) Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), Dr. Adin Bondar, M.Si, di ruang Rapat Kerja Sekretaris Daerah (Sekdakab) Tapteng, Kamis (28/10/2021).

Kunjungan kerja tersebut dalam rangka koordinasi peningkatan indeks literasi masyarakat, sekaligus menyerahkan secara simbolis satu unit sepeda motor Perpustakaan Keliling dan Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) Mobil Perpustakaan Keliling yang telah diberikan pada tahun 2017 silam kepada Pemkab Tapteng.

Dalam sambutan Bupati yang disampaikan oleh Erwin Marpaung mengapresiasi perhatian dan bantuan yang telah diberikan oleh Perpusnas RI ke Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Dengan memberikan satu unit Sepeda Motor Perpustakaan Keliling dan BPKB Mobil Perpustakaan Keliling yang diberikan pada tahun 2017 silam kepada Pemkab Tapanuli Tengah,” ujar Erwin yang saat itu didampingi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Asdani Padang, S.Si, M.Si.

Baca Juga :   Kunker ke Sibolga, Gubsu Edy; Saya lihat kondisinya disini ternyata cukup Clear

Pada kesempatan tersebut, Pemkab Tapteng mengajukan permohonan pembangunan gedung Perpustakaan di Kabupaten Tapteng.

“Kami juga berharap kepada Bapak (Adin Bondar) agar Perpustakaan Nasional RI dapat membantu membangun gedung baru Perpustakaan Kabupaten Tapanuli Tengah. Besar harapan kami, Perpusnas RI) dapat mengabulkannya,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Perpurnas RI dalam sambutannya menjelaskan bahwa peradaban budaya baca dan literasi pada saat ini sudah kurang diminati oleh masyarakat.

Namun menurutnya, tidak ada kata terlambat, karena ini merupakan ikhtiar, dimana Pemerintah harus hadir dalam mengajak masyarakat untuk membudayakan minat baca.

Baca Juga :   Bagikan 400 Paket Sembako di Peringatan HGN ke-76, Bupati Tapteng Bantah Isu Pemotongan TPP

Karena dengan banyak membaca, maka akan banyak pula ilmu yang didapat, serta menambah berbagai pengetahuan dari dunia luar.

“Jadi dengan membudayakan minat baca kepada masyarakat, akan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, serta mempunyai keterampilan dan inovasi. Ilmu yang didapat dari membaca itu juga bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam mendorong masyarakat untuk membuka peluang pekerjaan yang berketerampilan dan lain sebagainya. Sehingga manfaat dari budaya membaca dan literasi itu berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,” jelas Dr. Adin Bondar, M.Si.

Hadir pada penyambutan tersebut, Kepala BPKPAD Tapteng, yang mewakili Dinas PMD Tapteng, Dinas Pendidikan Tapteng, Sekretaris dan jajaran Dinas Perpustakaan dan Arsip Tapteng. (ril)

  • Bagikan