Puncak HUT ke-I Gardanis; Bupati Tapteng Disambut Upacara Pemberian Sirih oleh Masyarakat Nias

  • Bagikan
Foto : Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani menerima sirih sebagai simbol tertinggi adat Nias pada puncak acara HUT ke -I Gardanis.

Kantong Berita, TAPTENG-Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani disambut dengan upacara pemberian sirih oleh masyarakat Nias di Desa Aek Horsik, Kecamatan Badiri, Jumat (29/10/2021).

Upacara tersebut merupakan adat istiadat masyarakat Nias dalam menyambut tamu, sebagai simbol penghormatan.

Pada puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke I Gardanis, salah satu organisasi masyarakat Nias, upacara tersebut juga dilakukan untuk menyambut Bupati Tapteng bersama rombongan yang hadir sebagai tamu kehormatan.

Baca Juga :   Peringati HUT Partai NasDem ke-10, DPD Kabupaten Tapanuli Tengah Santuni 100 Anak Yatim

Penatua adat didampingi wanita berpakaian adat Nias memberikan sirih kepada Bupati dan Wakil Ketua DPRD Tapteng Willy Silitonga yang turut hadir pada acara tersebut.

Baca Juga :   Mau Pulang Kampung ke Tapteng? Begini Aturannya

Dalam upacara tersebut, Penasehat Gardanis, Sudieli Hulu, S.Sos menyebutkan bahwa sirih merupakan simbol tertinggi dalam adat Nias.

“Kalau di orang batak ada ulos, kalau di adat Nias ada sirih sebagai tanda, semua masalah tidak ada lagi,” seru Sudieli disambut sorak sorai khas masyarakat Nias lainnya. (red)

  • Bagikan