Tahun Ini Tapteng akan Menggelar Pilkades Serentak

  • Bagikan
Foto : Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani saat menggelar konfrensi pers terkait penetapan pelaksanaan Pilkades di Tapteng.

Kantong Berita, TAPTENG-Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Tapanuli Tengah akhirnya disepakati akan digelar tahun ini.

Hal tersebut dikatakan Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam keterangan persnya usai menggelar rapat dengan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perkumpulan Aparatur Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (P-APDESI) Kabupaten Tapanuli Tengah di ruang Cendrawasih Kantor Bupati Tapteng, Kamis (4/11/2021).

“Setelah melakukan rapat koordinasi, kami memutuskan Pemilihan Kepala Desa di gelar tahun ini,“ kata Bupati.

Adapun alasan untuk mempercepat Pilkades menurut Bakhtiar, selain dorongan dari P-APDESI, juga karena banyaknya Kepala Desa di tahun ini yang akan berakhir masa jabatan.

Tak hanya itu, kondisi Covid-19 di Kabupaten Tapanuli Tengah yang masih aman hingga kini, juga menjadi acuan dimungkinkannya Pilkades digelar tahun ini.

“Setelah melihat perkembangan situasi Covid-19 saat ini, kasus Covid-19 di Kabupaten Tapanuli Tengah tidak ada alias nol. Kami putuskan untuk menggelarnya tahun ini tepatnya Bulan Desember 2021. Pertimbangan lainnya adalah, banyaknya jabatan Kepala Desa yang habis di tahun ini,“ jelasnya.

Baca Juga :   Sambut Ramadhan Ditengah Pandemi Covid-19, Lanal Sibolga Bagikan Bantuan

Menurut Bupati, ada 85 desa di Kabupaten Tapanuli Tengah yang akan menggelar Pilkades serentak tahun ini.

Para calon Kepala Desa tersebut nantinya akan diberi pengarahan oleh pihak Kepolisian, terkait komitmen menjaga kekondusifan pada saat Pilkades.

“Ada 85 Desa yang akan menggelar Pilkades dengan jumlah pemilik hak suara lima puluh ribuan. Sebelum pemilihan, para peserta akan kita kumpul guna mendapatkan pengarahan dari pihak Kepolisian terkait menjaga kekondusifan saat gelaran Pilkades berlangsung. Saya juga tegaskan, pelaksanaan Pilkades digelar dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat,“ pungkas Bakhtiar.

Pihak Kepolisian juga mengaku siap mengamankan pelaksanaan Pilkades tahun ini, dengan berkoordinasi dengan TNI dan Satpol PP.

“Kami akan kawal proses Pilkades ini dari awal hingga akhir. Pengamanan akan dilakukan oleh Polres Tapteng dibantu rekan-rekan dari TNI, Satpol PP. Kami juga akan koordinasi bantuan pengamanan dari Polres terdekat termasuk Polres Sibolga. Personil Brimob juga akan kita datangkan untuk membackup pengamanan Pilkades ini,” ujar Kapolres sembari mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kekondusifan pada saat pelaksanaan Pilkades.

Baca Juga :   Satpol PP Bongkar 'Pondok Kitik-kitik' di Pantai Indah Kalangan; Ditemukan Banyak Alat Kontrasepsi Bekas

Ketua DPC Perkumpulan Aparatur Pemerintahan Desa (P-APDESI) Hasdar Efendi mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan DPRD Tapteng yang telah mendukung terlaksananya Pilkades di Kabupaten Tapanuli Tengah tahun ini.

“Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Tapteng dan DPRD yang telah menampung aspirasi kami dengan menggelar Pilkades di tahun ini juga,“ kata Hasdar.

Amatan, hadir pada pertemuan tersebut, Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, Ketua DPRD Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu, Waket DPRD Willy Silitonga dan Ketua Komisi A DPRD Ahmad Rivai Sibarani.

Kemudian, hadir pula Sekdakab Yetty Sembiring, Perwakilan Kejaksaan Negeri Sibolga dan Kodim 0211/TT. Kadis PMD Tapteng, Hendri Sitinjak dan Kabag Hukum. (red)

  • Bagikan