banner 728x250

Apit Temukan Tekong Tak Bernyawa dengan Posisi Telungkup di Kemudi Kapal

Ilustrasi (int)

Kantong Berita, SIBOLGA-Seorang Anak Buah Kapal (ABK) meninggal dunia saat menangkap ikan di Samudera Hindia, Rabu (10/11/2021).

Kapal Motor (KM) Mina Nusantara tersebutpun terpaksa berhenti beroperasi dan memutuskan kembali ke Sibolga membawa jenazah ABK yang diketahui bernama Faizal Efendi Sikumbang (47) tersebut.

KM. Mina Nusantara tiba di dermaga Pelabuhan Perikanan Nusantara Sibolga Kamis (11/11/2021) sekira pukul 17.45 WIB. Jenazah pria yang merupakan nahkoda alias tekong tersebut kemudian dievakuasi ke rumah sakit Dr. FL. Lumban Tobing Sibolga.

Dari hasil pemeriksaan Polisi terhadap ABK lainnya, almarhum meninggal akibat sakit.

Diterangkan, kejadian bermula saat kapal menangkap ikan di Samudera Hindia. Sekira pukul 10.00 WIB, setelah jaringan diangkat, Wakil Tekong alias Apit pun berniat melapor kepada Tekong yang saat itu sedang berada didepan kemudi.

Apit pun kaget melihat almarhum yang diketahui merupakan warga Lingkungan III, Kelurahan Budi Luhur, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah sudah tidak bernyawa dengan posisi tubuh telungkup dan menempel pada kemudi.

“Melihat hal itu, Apit membangunkan nahkoda, namun tidak juga bangun, melainkan sudah meninggal dunia. Apit segera memanggil ABK lainnya untuk mengangkat korban dan menidurkan di pembaringannya. Selanjutnya Apit mengambil kendali kapal dan melaporkan kejadian tersebut ke pangkalan. Akhirnya, tadi sekira pukul 17.45 WIB kapal tiba dan sandar di dermaga Pelabuhan Perikanan Nusantara Sibolga. Mayat telah dievakuasi ke rumah sakit. Dugaan awal dari keterangan saksi bahwa Faizal Efendi Sikumbang meninggal dunia akibat sakit perut atau terkena angin duduk,” terang Kapolres Sibolga AKBP Taryono dalam keterangan persnya melalui Kasi Humas Iptu Ramadhansyah Sormin.

Kejadian tersebut masih dalam penanganan Satpol Air Polres Sibolga. (red)