banner 728x250

Bupati Tapteng Turun ke Sawah Tinjau Hasil KUR Tani di Sosorgadong

Foto : Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani turun ke sawah meninjau hasil KUR Tani di Sosorgadong.

Kantong Berita, TAPTENG-Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani meninjau realisasi program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pertanian di Kelurahan Sosorgadong, Kecamatan Sosorgadong, Kabupaten Tapanuli Tengah, Minggu (19/12/2021).

Foto : Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani berbaur bersama petani penerima KUR Tani.

Bupati hadir tanpa protokoler, meski suasana hujan Bupati Tapanuli Tengah yang turun ke sawah disambut riang gembira oleh para petani penerima program KUR Tani.

Bupati Tapteng menyampaikan tujuannya hadir meninjau lahan para petani penerima bantuan KUR Tani untuk memastikan program tersebut berjalan dengan baik di Kecamatan Sosorgadong.

“Saya turun langsung ke lahan sawah petani ini untuk meninjau langsung bagaimana pertumbuhan padi para petani dan memastikan program KUR Tani sudah berjalan dengan baik sesuai ketentuan berlaku,” kata Bupati Tapteng.

Menurutnya, petani yang ikut program KUR Tani akan mendapatkan modal usaha pertanian secara mudah, murah dan tanpa jaminan.

Para petani juga kata Bupati akan mendapatkan berbagai keuntungan, diantaranya, benih yang bersertifikat, kepastian pupuk yang berkualitas, pestisida, serta mendapatkan biaya pengolahan lahan serta biaya saat panen hingga pasca panen.

“Bukan hanya itu, petani yang ikut program KUR Tani ini juga mendapatkan biaya hidup enam juta rupiah per hektar per musim tanam dan para petani juga dijamin oleh asuransi gagal panen oleh asuransi Jasindo,” jelas Bakhtiar.

Dengan bantuan KUR Ta nk i tersebut, Bupati berharap produksi pertanian di Tapanuli Tengah dapat meningkat.

“Saya juga ingin, produksi para petani naik secara nyata, dari yang biasa selama ini 5 ton per hektar, bisa naik menjadi 6 hingga 7 ton per hektar,” pungkasnya.

Menanggapi kedatangan Bupati muda tersebut meninjau persawahan warga Sosorgadong, Roijal Sihotang, salah seorang penerima manfaat mengaku terharu dengan kedatangan Bupati Tapteng dan langsung meninjau lahan persawahan nya.

“Terima kasih sekali kami ucapkan sama pak Bupati yang sudah datang menyapa kami di sawah ini,” kata Roijal.

Senada juga dikatakan Rentina Matondang, petani penerima manfaat lainnya. Menurut Rentina, dengan bantuan KUR tersebut kebutuhan bertani mereka dapat terpenuhi.

Diketahui, Program KUR Tani di Kabupaten Tapanuli Tengah merupakan hasil perjuangan Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani. Mulai melobby kerjasama dengan Kementerian Pertanian, Bank BNI, hingga asuransi gagal panen.

Program KUR Tani ini ditargerkan bisa tersalurkan kepada 20.000 petani padi di Kabupaten Tapanuli Tengah. (red)