MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

Ditemukan Warga di Sibolga; 10 Unit Betor Milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ‘Terlantar’

Kantong Berita, SIBOLGA-Sejumlah warga menemukan 10 unit becak bermotor (betor) yang terbengkalai di sebuah kompleks perumahan di Lingkungan I, Kelurahan Kota Beringin, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga Sumatera Utara, yang ternyata milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Berdasarkan pengamatan, betor-betor tersebut diparkir di dua lokasi di dalam kompleks perumahan tersebut. Tujuh unit terletak tepat di dekat tembok pasar Kota Beringin, sementara tiga unit lainnya ditempatkan di tengah-tengah perumahan.

Pada bak betor berwarna hijau tersebut tertera label “Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun Anggaran 2018”. Meskipun terlihat seperti betor baru, namun kondisinya sudah lama tidak digunakan, karena bak betor masing-masing masih terlipat rapi. Ban-bannya terlihat baru dan mesinnya masih mengkilap.

“Sayang sekali aset pemerintah dibiarkan terbengkalai seperti ini. Ini pemborosan uang negara untuk pengadaan betor ini,” ungkap Hotma Purba, seorang warga Sibolga yang menemukan keberadaan 10 betor tersebut dengan rasa kecewa, pada Kamis (27/8).

Hotma berharap DPRD dapat menginvestigasi keberadaan betor-betor tersebut.

“Tolong, pak dewan, usut siapa yang memarkirkan betor ini di sini. Rasanya tidak mungkin tidak ada yang mengetahuinya,” tandas Hotma, yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Investigasi Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP).

Selain itu, Hotma juga meminta penegak hukum turut campur tangan dalam menginvestigasi keberadaan aset negara tersebut.

“Polisi juga harus dilibatkan untuk menyelidiki siapa yang bertanggung jawab atas penelantaran aset negara ini,” tambahnya.

Namun, ketika ditanyakan kepada penghuni kompleks, tidak ada yang mengetahui tentang betor-betor tersebut.

Menariknya, Lurah Kota Beringin, Elprider Purba, juga mengaku tidak mengetahui keberadaan betor-betor tersebut.

“Kami tidak pernah mengetahuinya,” ujar Elprider kepada wartawan.

Lurah menduga bahwa keberadaan betor tersebut terkait dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Sibolga.

“Mungkin waktu itu langsung ke dinas LHKP,” ungkapnya.