LPG 3 kg di Kota Sibolga Dijual Rp20.000, HET Naik?

Foto : LPG 3 kg disalahsatu pangkalan di Kota Sibolga.

Kantong Berita, SIBOLGA-Kisaran harga LPG 3 kg di Kota Sibolga menjadi perbincangan di tengah masyarakat karena variasi harganya, bahkan mencapai Rp20.000 per tabung. Spekulasi muncul apakah kenaikan Harga Eceran Tertinggi (HET) menjadi penyebabnya.

Pertanyaan ini menjadi sorotan, terutama bagi ibu rumah tangga dan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang mengandalkan LPG 3 kg untuk memasak.

Seorang warga, ibu Simanjuntak dari Kelurahan Pancuran Pinang, Kecamatan Sibolga Sambas, mengeluhkan harga tinggi LPG 3 kg di lingkungan tempat tinggalnya.

“Apakah karena HET naik, harganya di lingkungan kami menjadi Rp20.000,” ujarnya.

Amelia, seorang pengusaha kedai kopi di Kelurahan Kota Beringin, juga merasakan kenaikan harga LPG 3 kg dalam setahun terakhir.

“Sudah setahun ini saya beli gas (3 kg) seharga Rp20.000. Kami membelinya karena kebutuhan, meskipun terpaksa,” ungkap Amelia.

Namun, ibu dua anak ini berharap Pemerintah mengkaji ulang kenaikan harga bahan bakar subsidi tersebut karena sangat memberatkan bagi pelaku usaha kecil.

“Jika memang pemerintah yang menaikkan, kami meminta agar ditinjau ulang. Bagi kami, pedagang kecil, harga Rp20 ribu sudah terasa berat,” tambahnya.

Meski begitu, tidak semua pangkalan di Kota Sibolga menjual LPG 3 kg dengan harga tinggi. Beberapa masih menjual dengan harga normal, seperti di salah satu pangkalan di lingkungan III Kelurahan Pasar Belakang, yang menjual LPG 3 kg seharga Rp18.000 per tabung.

“Saya beli seharga Rp18.000 tadi,” ujar seorang wanita yang baru saja mengganti tabung kosongnya.

Yudi Syarif Manalu, pemilik pangkalan tersebut, juga menyatakan bahwa harga jual LPG 3 kg di pangkalannya masih normal.

“Kami menjual seharga Rp17.500 sampai Rp18.000. Saat ini, pasokan LPG 3 kg cukup banyak. Karena, sekarang sudah ada tiga agen, bukan satu lagi,” ungkap Yudi.

Diketahui, Harga Eceran Tertinggi (HET) terakhir LPG 3 kg di Kota Sibolga adalah Rp17.500. Sampai saat ini, belum ada informasi dari Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) Kota Sibolga terkait HET terakhir LPG 3 kg dan alasan harga yang bervariasi di pasaran.