Polisi Tangkap 2 Pria dari Sebuah Penginapan di Sibolga; 0,5 Gram Sabu Disita

  • Bagikan

Kantong Berita, SIBOLGA-Satuan Reserse Narkoba Polres Sibolga berhasil mengamankan 2 orang pria dari salah satu penginapan di jalan Ahmad Yani, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sibolga Kota, Senin (10/8).

Penangkapan keduanya, berkat penyamaran personil atau Undercover Buy yang dilakukan.

Dari tangan keduanya, disita barang bukti berupa 1 paket Sabu-sabu terbungkus plastik bening dan setelah ditimbang beratnya 0,5 gram.

Kemudian, 2 buah telepon genggam dan 1 unit Sepeda Motor Beat BB 4695 NL.

“Dilakukan teknik Undercover Buy. Berhasil kita amankan 2 pelaku. 1 diamankan dari dalam kamar nomor 17 sebuah penginapan di jalan Ahmad Yani. Seorang lagi, diamankan dari gang sebelah penginapan,” terang Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhansyah Sormin, Kamis (28/8).

Sekilas, kronologis penangkapan bermula saat seorang pria, yang tak lain adalah personil Sat Narkoba yang menyamar, memesan kamar di salah satu penginapan di jalan Ahmad Yani.

Kemudian, seorang pelaku berinisial HLT alias J (33) yang merupakan pekerja Hotel menawarkan kamar nomor 17 dengan tarif murah.

Baca Juga :   Pengedar Ini Mengaku Jemput Sabu dari Madina

Setelah menyerahkan uang sewa kamar, pria tersebut mencoba memesan Sabu kepada HLT.

“Sipemesan kamar mendatangi HLT dan mengatakan, bisa pesan Sabu. HLT menjawab, beli berapa bang. Sipemesan menjawab, setengah jie dengan harga Rp650.000. HLT pun menjawab, tunggu dulu bang kutanya dulu sama kawanku,” ungkapnya.

HLT pun menghubungi pelaku lainnya yakni RSS (37) yang merupakan warga jalan Malaka, Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas.

“Melalui alat komunikasi HLT menghubungi RSS, Bang ada yang mau beli paket Rp650 ribu. RSS menjawab, nanti kuantar. Sekitar 30 menit kemudian orang yang memesan kamar datang bersama dengan temannya serta meminta kunci kamar dan mengatakan, sudah ada barang yang dipesan tadi. HLT menjawab, nanti bang kuantar ke kamar,” tukasnya.

Sekitar pukul 18.00 WIB, RSS menghubungi HLT mengatakan bahwa dirinya sudah berada di samping penginapan.

HLT kemudian menemuinya dan menerima 1 paket Sabu. Saat itu, HLT belum menyerahkan uang pembayaran. Menunggu barang haram tersebut diserahkan kepada si pemesan.

Baca Juga :   Sebelumnya Kerap Kemalingan, Warga Tapian Nauli Apresiasi Polsek Kolang Berhasil Tangkap Pelaku

“Mana uangnya, kata RSS. HLT menjawab, tunggu bang kujemput keatas, sekalian menyerahkan Sabu ini. Saat HLT menyerahkan Sabu, si pemesanpun langsung menangkapnya,” terang Sormin.

Kepada petugas yang menyamar, HLT menyebut kalau RSS sedang menunggu di samping penginapan.

“Punya siapa ini, tanya petugas. HLT menjawab, punya abang yang dibawah, pakai honda beat. 2 orang petugas turun. Sekitar 10 menit kemudian RSS ditangkap,” pungkasnya.

Dari catatan Kepolisian, RSS yang berprofesi sebagai Nelayan sebelumnya pernah dihukum selama 1 tahun di Laas Tukka tahun 2014 dalam kasus yang sama.

Usai menjalani pemeriksaan HLT dan RSS kemudian ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di RTP Polres Sibolga.

Karena telah melakukan tindak pidana penyalahgunaan Narkotika sebagaimana dimaksud dalam pasal 114 ayat (1) Subsider pasal 112 ayat (1) Jounto pasal 132 ayat (1) dari Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009, tentang Narkotika tersangka diancam hukuman diatas 5 tahun. (ril/jul/kb)

  • Bagikan