MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

Bakhtiar Sibarani Salurkan Zakat Pribadi Melalui BAZNAS

Foto : Mantan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani sebagai Muzaki membagikan zakat pribadinya sebesar Rp200 juta kepada masyarakat Tapteng melalui BAZNAS.

Kantong Berita, TAPTENG-Mantan Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani menyalurkan zakat pribadinya sebesar Rp200 juta melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Penyaluran zakat pribadi tersebut disampaikan Bakhtiar pada penyerahan zakat yang digelar BAZNAS Tapteng di Gedung Serbaguna (GOR) Pandan, Senin (10/4/2023).

“Hari ini kami sampaikan bahwa kami menyampaikan zakat kami Rp 200 juta melalui Baznas untuk disalurkan ke masyarakat,” kata Bakhtiar Ahmad Sibarani mewakili Muzaki (Pemberi Zakat).

Menurut Bakhtiar, saat menjabat Bupati Tapteng periode 2017-2022, zakat yang dikumpulkan Pemkab Tapteng mencapai Rp2,6 Miliar-Rp2,7 Miliar per tahun.

Jumlah tersebut meningkat signifikan dari sebelum dirinya menjabat Bupati, yang hanya terkumpul Rp100 juta.

“Dulu zakat hanya Rp100 juta, tapi saat saya jadi Bupati Tapteng langsung naik menjadi Rp2,6 Miliar, Rp2,7 Miliar. Sudah barang tentu kita upayakan untuk itu. Dan kepada saudara kita yang Nasrani juga kita upayakan hal yang sama,” ungkapnya.

Kepada Pj Bupati Tapteng Elfin Elyas, Bakhtiar meminta agar perolehan zakat tersebut dapat ditingkatkan lagi.

“Karena itu semua kewajiban yang harus dijalankan bagi orang yang wajib zakat. Hukumnya wajib 2,5 persen dari penghasilan kita wajib kita berikan. Kami tidak didik untuk menjatuhkan orang lain, tapi kami dididik untuk berbuat yang terbaik untuk seluruh masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah. Karena tujuan kita hidup bukan ingin menjadi lebih baik dari orang lain, tapi memperbaiki diri agar lebih baik dari hari yang lalu,” pungkasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Tapteng Elfin Elyas mengucapkan terima kasih kepada para Muzaki yang telah memberikan zakat kepada masyarakat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada para Muzaki. Pada prinsipnya bersedekah itu merupakan salah satu amalan yang sangat disukai Allah SWT, terlebih dalam situasi sulit saat ini. Berbagi kepada sesama juga mencerminkan keimanan daripada Muzaki,” ujar Elfin. (red)