MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

Hadir di Rakornas IKAL, Elfin Elyas : Alumni Lemhanas Dukung Penuh Program Pemerintah untuk Ekonomi Hijau dan Ekonomi Biru

Hadir di Rakornas IKAL, Elfin Elyas : Dukung Penuh Program Pemerintah untuk Ekonomi Hijau dan Ekonomi Biru
Foto : PJ Bupati Tapteng Elfin Elyas Nainggolan saat menghadiri Rakornas IKAL di Jakarta.

Kantong Berita, JAKARTA-Elfin Elyas Nainggolan, hadir pada acara Rakornas Ikatan Alumni Lemhanas (IKAL) yang digelar di Gedung Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhanas RI) di Jalan Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta Pusat, Sabtu (21/01/2023).

Elfin merupakan Sekjen IKAL 63 bersama Brigjen Sabilul Alif yang juga merupakan Wakapolda Banten. Sementara yang menjabat ketua adalah Kolonel Irman.

Hadir pada Rakornas III IKAL tersebut, Jenderal (Purn) Joko Suyanto yang merupakan Ketua Dewan Pembina IKAL, Jenderal (Purn) Wiranto sebagai Ketua Dewan Kehormatan, Jenderal (Purn) Agum Gumelar sebagai Ketua dan Andy Wijayanto sebagai Gubernur Lemhanas RI.

Adapun Tema yang diusung pada Rakornas tersebut, “IKAL Sebagai Katalisator Keutuhan Bangsa, Mewujudkan Nasionalisme Yang Damai dan Adil”.

Dalam keterangan persnya, Elfin menjelaskan sekilas anjuran yang disampaikan oleh Ketua Dewan Kehormatan IKAL Jendral (Purn) Wiranto dalam pidatonya, dalam menghadapi tahun politik kedepan, IKAL harus menjadi katalisator untuk memberikan kekuatan dan kebaikan.

“Untuk adil, kita harus bermufakat. Dan untuk mufakat, kita harus berdamai,” kata Elfin menirukan penyampaian Wiranto pada Rakornas tersebut.

Kemudian, Elfin juga mengatakan bahwa IKAL harus mendukung program pemerintah seperti fokus ketahanan nasional kedepan pada blue and green economy.

“Beliau (Wiranto, red) menjelaskan, dalam Program ekonomi biru tersebut meliputi perluasan kawasan konservasi laut sebagai ekosistem blue carbon, penerapan kebijakan penangkapan ikan terukur berbasis kuota, pengembangan budidaya laut, pesisir, dan darat yang ramah lingkungan. Sedangkan dalam program ekonomi hijau, yaitu peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan ketahanan bencana dan perubahan iklim, serta pembangunan rendah karbon,” jelas Elfin.

Rakornas IKAL tersebut juga dihadiri oleh seluruh unsur komponen anak bangsa, baik dari TNI, Polri, ASN, Parpol, Ormas dan juga budayawan yang berasal dari seluruh pelosok tanah air. (ril)