MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

Pemkab Tapteng Sidak Pasar Sebagai Upaya Pengendalian Inflasi

Pemkab Tapteng Sidak Pasar Sebagai Upaya Pengendalian Inflasi
Foto : Tim Pemkab Tapteng saat melakukan sidak pasar dan distributor di Pandan.

Kantong Berita, TAPTENG-Pj Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), memerintahkan sejumlah jajarannya untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak) Pasar di Kecamatan Pandan, Selasa (7/2/2023).

Sidak Pasar yang dilakukan sebagai bagian dari upaya Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tapteng dalam pengendalian inflasi sebagaimana arahan Presiden Republik Indonesia, Mendagri, dan menteri terkait lainnya.

Pada operasi pasar ini, Pemkab Tapteng berupaya melakukan penanganan inflasi dengan memantauan harga, dan stok bahan pokok di pasar, untuk memastikan ketersediaan bahan pokok yang cukup.

Nantinya, hasil sidak akan ditindaklanjuti dengan koordinasi teknis pengendalian Inflasi, termasuk dengan Pemerintah Pusat yang sebelumnya sudah dilakukan setiap Minggu, sejak bulan Agustus 2022 hingga sekarang.

Hadir pada sidak kali ini, Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Tapteng, Zafril Abdi Nasution, Kabag Ekbang Setdakab Tapteng, Sahala Sihotang, dan perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan Tapteng, serta Satpol PP Tapteng.

Selain Pasar, tim juga melakukan sidak ke beberapa distributor, yang juga turut dihadiri oleh jajaran Dinas Perindag Tapteng, Dinas PMPPTSP Tapteng, pihak Kecamatan Pandan dan para Lurah di sekitar Kecamatan Pandan, Rabu (8/2/2023).

Dalam keterangannya, Kadis Perindag Tapteng menjelaskan, dari sidak dan koordinasi pengendalian inflasi terhadap beberapa komoditi bahan pokok khususnya beras, tidak ditemukan adanya kenaikan harga yang signifikan.

Ini katanya berkat koordinasi yang dilakukan selama ini untuk menjaga pasokan bahan pokok dan harga-harga tidak naik signifikan.

Zapril juga mengatakan, selain sidak, Pemerintah Pusat juga telah menginstruksikan untuk tahun 2023 ini agar melakukan gerakan menanam cabai, merealisasikan BLT serta memberikan bantuan transportasi kepada anak sekolah.

“Sesuai arahan Bapak Pj Bupati, kami melakukan sidak ke pasar-pasar, termasuk distributor yang saat ini kami lakukan di sekitar Kecamatan Pandan. Kedepan juga ke berbagai Kecamatan lainnya, untuk dapat mengetahui secara langsung harga-harga khususnya komoditas bahan pokok, baik beras, minyak goreng, cabai, dan lainnya. Sehingga menjadi bahan yang penting dalam upaya pengendalian Inflasi di Kabupaten Tapanuli Tengah. Hasilnya, saat ini tidak ada kenaikan yang signifikan namun kita semua berupaya untuk benar-benar mengantisipasi kenaikan inflasi tersebut,” ungkap Zapril. (red)