MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

QRIS TUNTAS Kemajuan Transaksi Majukan Ekonomi

Logo Bang Indonesia

Kantong Berita, JAKARTA-Bank Indonesia baru-baru ini telah meluncurkan sebuah sistem transaksi digital terbarunya, QRIS TUNTAS (Tarik Tunai, Transfer, dan Setor Tunai).

Sistem transaksi digital terbaru ini resmi diperkenalkan tepat pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78.

Langkah ini diambil dengan tujuan utama untuk mempermudah transaksi keuangan digital, sekaligus mendukung inklusi ekonomi dan keuangan digital, serta mempercepat stabilitas dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di tanah air.

Foto : Wartawan yang mengikuti media gathering KPw Bank Indonesia tahun 2023.

Kalau sebelumnya, QRIS hanya digunakan untuk transaksi pembayaran, kini dengan QRIS TUNTAS, dapat mengakses berbagai keperluan, seperti menarik tunai, transfer dana serta setor tunai.

Kemudian, transaksi yang biasanya hanya dilakukan melalui Anjungan Tunai Mandiri atau ATM, kini sudah dapat dilakukan melalui QRIS TUNTAS. Menarik tunai dana, mentransfer uang ke berbagai rekening Bank ataupun dompet digital hingga menyetor/menyimpan uang secara tunai melalui berbagai Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) lainnya.

Seperti diketahui, sistem transaksi yang selama ini hanya mengandalkan ATM ternyata tidak lagi efisien untuk digunakan saat ini. Pesatnya perkembangan teknologi, membuat masyarakat mulai tidak menggantungkan diri lagi dengan mesin ATM.

Karena, selain mesin ATM yang sering mengalami gangguan, keberadaan ATM di beberapa daerah juga masih sulit dijangkau.

Wajar saja bila sistem kemajuan transaksi ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Apalagi, ditengah tantangan era digital saat ini, sistem transaksi yang cepat menjadi incaran para pengusaha. Sehingga, transaksi jual beli dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja hanya lewat gadget dengan banyak pilihan PJP.

Muhammad Kadhafi, seorang Tiktoker asal Sibolga yang sering menggunakan transaksi digital belanja dan jualan online, mengaku sangat terbantu dengan adanya QRIS.

Meski belum pernah menggunakan layanan Bank Indonesia terbaru QRIS TUNTAS, namun pria yang akrab disapa Dafid ini mengaku gembira mengetahui keunggulan layanan transaksi tersebut.

“Memang saya belum pernah gunakan, tapi saya sudah bisa bayangkan bagaimana kemudahan bertransaksi itu bisa kita dapatkan dari QRIS TUNTAS ini. Gak perlu pusing mikirin ATM rusak, jauh. Tinggal cari Indomaret atau Alfamart dan layanan lainnya, narik uang, mentransfer hingga menyetor pun sudah bisa kita lakukan,” kata Dafid yang dimintai tanggapan lewat telepon selularnya, Rabu (6/9/2023).

Dengan kemajuan sistem transaksi menggunakan QRIS TUNTAS, dipastikan akan mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Ayo kita gunakan QRIS TUNTAS. Sudah pasti, transaksi lancar, usahapun lancar, ekonomi akan bertumbuh pesat,” ungkapnya.

Selain pengusaha, Pemerintah Daerah juga mengaku gembira dengan keberadaan layanan QRIS. Bahkan baru-baru ini, Pj Bupati Tapanuli Tengah Elfin Elyas mendorong penggunaan transaksi keuangan digital, baik itu di Pemerintahan maupun di dunia usaha.

Menurut Pj Bupati seperti diberitakan sebelumnya pada 25 Juli 2023, hal itu untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi keuangan di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Dia menyadari pentingnya membangun sistem transaksi keuangan yang aman, mudah, dan fleksibel bagi masyarakat serta korporasi melalui layanan digital seperti pelayanan pajak, retribusi, dan berbagai pola pembayaran lainnya.

Sehingga, diharapkan perekonomian daerah dapat semakin berkembang dan pelayanan publik semakin meningkat.

Salah satu manfaat utama dari transaksi keuangan digital ini menurut Pj Bupati Tapteng, proses yang cepat dan efisien.

Dimana, dengan hanya menggunakan ponsel dan koneksi internet, transaksi dapat dilakukan secara instan dan tanpa hambatan waktu.

“Kelebihan lainnya adalah fleksibilitas dalam melakukan transaksi. Dengan layanan mobile, siapa pun dapat bertransaksi kapan dan di mana saja. Hanya dengan memiliki ponsel, jaringan internet, dan aplikasi pembayaran, seluruh proses dapat dilakukan dengan mudah,” ungkapnya.

Masih kata Pj Bupati, transaksi keuangan digital juga dapat meningkatkan transparansi.

Melalui email pengguna, aktivitas transaksi dapat dipantau dengan lebih akurat dan otomatis. Karena laporan transaksi akan dikirimkan secara berkala, bahkan buku tabungan dapat diakses secara digital.

“Selain itu, teknologi enkripsi yang melindungi data transaksi memberikan keamanan ekstra bagi para pengguna,” pungkasnya.

Dalam rangka mewujudkan penggunaan transaksi keuangan digital yang lebih luas, Pj Bupati menyampaikan beberapa langkah penting, diantaranya :

1. Menjalin sinergi antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bertanggung jawab atas penghasilan Pajak dan Retribusi Daerah. Sinergi ini bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui penggunaan Kanal Digital, yang pada gilirannya akan mendukung upaya peningkatan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah.

2. Optimalisasi kerjasama dengan Bank RKUD/Bank Sumut sebagai penyedia layanan produk perbankan yang mendukung sistem pembayaran non-tunai dalam mewujudkan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) di Kabupaten Tapanuli Tengah.

3. Melakukan sosialisasi dan edukasi guna meningkatkan literasi dan minat masyarakat dalam bertransaksi non-tunai, terutama dengan menggunakan kanal digital.

4. Memetakan dan mengimplementasikan rencana aksi dalam Roadmap/Peta Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) yang telah disepakati oleh masing-masing OPD yang bertanggung jawab atas Pajak dan Retribusi Daerah. Selain itu, diharapkan dilakukan pengembangan ETPD dengan memanfaatkan QRIS dan berbagai kanal digital lainnya.

5. Memperluas penyediaan jaringan free Wi-Fi pada area publik untuk memfasilitasi akses masyarakat dan dunia usaha dalam menggunakan layanan transaksi keuangan digital.

Dengan langkah-langkah tersebut, Pj Bupati berharap penggunaan transaksi keuangan digital akan semakin berkembang di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Demikian juga peningkatan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah diharapkan akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik serta pelayanan publik yang semakin optimal.

Seperti dilansir dari laman bi.go.id, peluncuran QRIS TUNTAS juga dibarengi dengan dimulainya uji coba interkoneksi pembayaran antara Indonesia dengan Singapura menggunakan QR Code yang merupakan tindak lanjut dari kerjasama pembayaran berbasis kode QR antar negara antara Bank Indonesia dan Monetary Authority of Singapore yang telah diinisiasi pada tahun lalu.

Konektivitas pembayaran dengan QR Code antara Indonesia dan Singapura akan dapat memfasilitasi perdagangan antar negara secara lebih efisien, khususnya bagi UMKM, serta mendorong pertumbuhan sektor pariwisata.

Uji coba ini akan melibatkan ASPI, Network for Electronic Transfers-Singapore (NETS), dan perwakilan penyelenggara jasa sistem pembayaran.

Ke depan, Bank Indonesia berkomitmen untuk terus bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait, termasuk Pemerintah baik di pusat dan daerah, pelaku industri dan masyarakat dalam rangka memperluas akseptasi QRIS dengan didukung pengembangan inovasi fitur QRIS secara berkelanjutan dan perluasan kerja sama baik di dalam negeri maupun lintas negara.

Sementara, dari indonesiabaik.id menjelaskan bagaimana cara menggunakan QRIS TUNTAS DNA besaran biaya yang dikenakan setiap transaksi.

QRIS Transfer

Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan transaksi transfer dana ke antar pengguna QRIS lainnya dengan menggunakan QR code, baik antar Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) bank maupun PJP bank dan nonbank.

Cara penggunaannya yaitu:

Pindai QRIS yang ditampilkan oleh penerima dana
Pilih sumber dana
Pastikan jumlah dana sudah sesuai
Isi pin
Pastikan saldo pada akun tujuan sudah bertambah

QRIS Tarik Tunai

Fitur ini memungkinkan QRIS bisa ditarik tunai. Pengguna dapat melakukan transaksi penarikan dana dengan cara memindai kode QRIS di mesin ATM atau merchant QRIS yang bertindak sebagai agen atau mitra untuk tarik tunai.

Berikut cara penggunaannya:

Datangi ATM atau agen
Informasikan nominal uang yang akan ditarik
Pindai QRIS yang ditampilkan ATM atau agen
Pilih sumber dana
Pastikan jumlah dana sudah sesuai
Isi pin
Setelah berhasil, ambil uang yang sesuai

QRIS Setor Tunai

Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan transaksi setor uang tunai menggunakan kode QRIS. Metode pembayaran yang digunakan adalah push payment, yakni penyetor menunjukkan kode QRIS miliknya ke perangkat pemindai di Mesin Setor Tunai (CDM/ATM) atau merchant QRIS yang bertindak sebagai agen atau mitra untuk setor tunai.

Berikut cara penggunaannya:

Datangi ATM atau agen
Informasikan nominal uang yang akan disetor
Masukkan uang ke dalam mesin ATM setor tunai atau serahkan uang tunai kepada agen
Pindai QRIS yang ditampilkan oleh ATM atau agen
Pilih sumber dana
Pastikan jumlah dana sudah sesuai
Isi pin

Biaya QRIS TUNTAS

Untuk biaya tarik tunai menggunakan QRIS Tuntas via ATM milik penyedia jasa pembayaran (PJP) gratis alias tidak berbayar. Sedangkan untuk transaksi via agen atau layanan PJP lain akan dikenakan tarif sebesar Rp6.500 per transaksi.

Kemudian untuk biaya transfer menggunakan QRIS Tuntas antar sesama pengguna PJP juga digratiskan. Sedangkan untuk transfer di luar PJP akan dikenakan biaya Rp2.000 untuk nominal transaksi sampai dengan Rp100.000 dan Rp2.500 untuk nominal transaksi di atas Rp100.000.

Terakhir untuk biaya setor tunai via agen atau PJP lain sebesar Rp5.000 per transaksi. Namun untuk biaya setor tunai di ATM sesama juga digratiskan. (red/int)