300 Kapal Nelayan Tradisional Berkumpul Lalu Berangkat Menuju Poncan

Foto : 300 kapal nelayan berangkat menuju pulau Poncan.

Kantong Berita, SIBOLGA-Sebanyak 300 unit kapal nelayan tradisional Sibolga-Tapteng berkumpul di pinggiran pantai Pelabuhan Lama Sibolga, Kamis (10/11/2022) pagi.

Setiap kapal membawa bendera merah putih dan mulai bergerak serentak menuju Pulau Poncan. Mereka rencananya akan mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan hari Pahlawan yang digelar Korem 023/KS bersama Pemerintah daerah dan instansi vertikal lainnya.

Sebelumnya, Danrem 023/KS Kolonel Inf Dody Tri Winarto menyampaikan kepada sejumlah wartawan pada saat ngopi bareng yang digelar di Makorem 023/KS, akan menggelar upacara peringatan hari pahlawan bersama 300 kapal nelayan tradisional di Poncan, Senin (7/11/2022) sore.

Acara yang direncanakan digelar di pulau Poncan tersebut, akan dihadiri Pemerintah Daerah dan sejumlah instansi vertikal lainnya.

Menurut Danrem, alasan mengundang Nelayan pada peringatan hari Pahlawan tahun ini karena Nelayan dinilai sebagai salah satu ‘pahlawan kehidupan’ yang sebenarnya.

“Pahlawan kehidupan, ikan belum tentu dapat, nyawa sudah jadi taruhannya. Karena dia (Nelayan) berjuang untuk keluarganya,” kata Danrem dalam bincang-bincangnya bersama wartawan.

Tak hanya itu, perwira 3 melati ini juga ingin menarik empati Pemerintah Kota Sibolga dan Tapteng agar memberi perhatian terhadap Nelayan.

“Yang pasti untuk menumbuhkan nilai pahlawan dalam diri kita. Kita kan berada di daerah pesisir, kenapa nelayan, agar mendapat empati dari Pemerintah,” ungkapnya.

Selain upacara, peringatan hari Pahlawan kali ini juga akan diisi dengan berbagai kegiatan menarik lainnya, seperti pemberian bantuan sosial bagi para Nelayan tradisional dan lomba memancing.

“Rangkaian kegiatan protokoler tetap berjalan seperti biasa, seperti pengibaran bendera, tabur bunga. Lomba mancingnya akan digelar 200 meter dari bibir pantai pulau Poncan,” pungkasnya.

Hadir pada pertemuan tersebut Dandim 0211/TT Letkol Czi Mangatas Pandapotan Sibuea serta sejumlah Kasi Korem 023/KS. (red)