Annisa Bakhtiar Sibarani dan Salsabil Trias Suradi Menjadi Duta Sumut Lomba Peneliti Belia Tingkat Nasional 2023

Foto : Annisa Bakhtiar Sibarani (12) siswi kelas VII SMP Swasta Al-Muslimin Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah bersama dengan temannya Salsabil Trias Suradi (13) siswi kelas VIII, menjadi duta Provinsi Sumatera Utara untuk mengikuti Lomba Peneliti Belia Nasional 2023 yang akan dilaksanakan di Universitas Multimedia Nusantara, Gading Serpong, Tangerang, 14-15 November 2023 mendatang.

Kantong Berita, TAPTENG-Annisa Bakhtiar Sibarani (12) siswi kelas VII SMP Swasta Al-Muslimin Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah bersama dengan temannya Salsabil Trias Suradi (13) siswi kelas VIII, menjadi duta Provinsi Sumatera Utara untuk mengikuti Lomba Peneliti Belia Nasional 2023 yang akan dilaksanakan di Universitas Multimedia Nusantara, Gading Serpong, Tangerang, 14-15 November 2023 mendatang.

Hal itu disampaikan Kepala Sekolah SMP Almuslimin Pandan, Hj. Siti Nuraisyah, Selasa (17/10/2023).

Katanya, lolosnya Annisa Bakhtiar Sibarani dan Salsabil Trias Suradi mengikuti Lomba Penelitian Belia Nasional 2023, setelah hasil penelitian mereka dalam Ilmu Hayati yang berjudul “Bubuk Teh Daun Sikanduduk (Melastoma Malabathricum L) Penurun Darah Tinggi (Hipertensi)” berhasil meraih Juara II tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Siti Nuraisyah mengatakan, sebanyak 699 riset pada 10 bidang dari Provinsi Aceh, DKI, DIY, Jateng, Jabar, Kalteng, Sumsel, Sulsel, Sumut, dan provinsi lainnya yang tergabung dalam Lomba Peneliti Belia (LPB) Nusantara, telah direview secara daring oleh juri-juri yang berasal dari kampus-kampus ternama mitra kerja sama Center for Young Scientists.

Dari hasil review dewan juri, didapatkan 284 riset (40%) yang dinilai layak untuk melanjutkan ke tingkat Nasional, salah satunya hasil penelitian Annisa Bakhtiar Sibarani dan Salsabil Trias Suradi.

“Yang menyelenggarakan lomba ini adalah Center for Young Scientists (CYS). Bagi peserta yang lolos ke tingkat nasional akan dipersiapkan mengkuti penelitian tingkat Internasional seperti International Conference of Young Scientists (ICYS), Asia-Pacific Conference of Young Scientists (APCYS) maupun International Conference of Young Social Scientists (ICYSS). Nanti tergantung pesertanya memilih yang mana untuk diikuti,” terang Siti Nuraisyah.

Adapun ersiapan yang sedang dijalani kedua siswi tersebut untuk mengikuti lomba kata Siti, yakni mengikuti bimbingan Bahasa Inggris.

Karena menurut Siti, semua makalah dan tanya jawab dalam lomba nanti, 100 persen menggunakan Bahasa Inggris.

Kemudian akan dilakukan pemantapan materi, karena materi yang diperlombakan adalah hasil penelitian, sehingga materi dan manfaatnya harus benar-benar dikuasi.

“Alhamdulillah kedua anak kita ini cukup semangat mengikuti bimbingan. Isyaallah, mereka akan dapat memberikan yang terbaik nantinya. Mohon doa dan dukungan dari para orang tua siswa SMP-Almuslimin Pandan,” pungkasnya.

Tak hanya itu, di bulan November 2023 nanti, Annisa yang merupakan putri dari mantan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani juga akan mengikuti Lomba Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Provinsi Sumatera Utara, karena Annisa berhasil meraih Juara I di tingkat Kabupaten Tapanuli Tengah yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Tapanuli Tengah pekan lalu. (red)