Bakhtiar Sibarani Beri Bantuan dan Penghiburan Kepada Korban Banjir Barus

Foto : Bakhtiar Ahmad Sibarani menyerahkan bantuan beras dan uang kepada 1500 korban bencana banjir Barus.

Kantong Berita, TAPTENG-Sebanyak 1500 korban banjir Barus menerima bantuan berupa beras 5 Kg dan uang Rp50.000 dari Bakhtiar Ahmad Sibarani, Senin (14/11/2022).

Foto : Bakhtiar Ahmad Sibarani memberikan penghiburan kepada korban bencana banjir Barus.

Bantuan diserahkan langsung oleh Bakhtiar didampingi Ketua GAMKI Sumut Darwin Sitompul di lokasi dapur umum di Desa Sigambo-gambo, Kecamatan Barus, Tapanuli Tengah.

“Mohon maaf Bapak/Ibu, saya baru sampai dari luar daerah karena ada kegiatan. Dan baru hari ini bisa bertemu sekaligus memberikan bantuan,” ujar Bakhtiar mengawali pertemuannya dengan para korban bencana.

Foto : Bakhtiar Ahmad Sibarani menghibur seorang nenek yang rumahnya terdampak banjir.

Awalnya bantuan yang tersedia untuk 1.000 orang, namun karena belum dapat menjangkau seluruh korban, Bakhtiarpun akhirnya menambah 500 paket lagi.

“Tadi masih ada warga yang belum terdata. Saya akan tambahkan bantuan serupa untuk 500 orang lagi. Jadi total bantuan pribadi kami menjadi 1.500 paket beras dan uang tunai masing-masing Rp50 ribu,” pungkasnya.

Menurut Bakhtiar, besar kecilnya bantuan yang dia berikan, sebagai wujud kepeduliannya selaku warga Barus dan juga selaku mantan Bupati Tapanuli Tengah yang cinta akan kampung halamannya.

Tak hanya itu, sekilas politisi partai NasDem ini menyampaikan, meski sedang berada diluar kota, sehari pasca banjir dirinya langsung mendirikan dapur umum di rumah orangtuanya di Barus untuk menampung para korban bencana.

“Ini bukan masalah besar kecilnya bantuan, melainkan seberapa pedulinya kita. Untuk itu kami mengimbau para tokoh-tokoh politik, anggota DPRD dan DPRD Provinsi serta DPR Pusat yang suaranya banyak dari daerah ini, agar jangan hanya mengharapkan bantuan dari pemerintah, melainkan bantuan dari pribadi lepas pribadi sangat dibutuhkan,” imbuhnya.

Orang-orang sukses asal Barus yang berada diperantauan kata Bakhtiar dapat menunjukkan dukanya di media sosial, namun menurutnya jauh lebih baik bila kesedihan tersebut dibarengi dengan memberikan bantuan bagi para korban bencana.

“Hari ini kampung kita sedang berduka, berikanlah bantuan sebisa kita. Tadi saya sudah sampaikan ke Ketua DPRD Tapteng selaku Sekretaris NasDem Tapteng, agar rumah warga yang rusak akibat banjir ini ditampung di APBD melalui program RTLH masing-masing Rp 40 juta. Saya selaku Ketua Partai NasDem Tapteng memerintahkan beliau untuk memperjuangkan 20 unit RTLH untuk Barus. RTLH itu dulu adalah program saya sewaktu masih Bupati, dan kita minta itu ke Dewan untuk dilanjutkan,” tandasnya.

Selain bantuan beras dan uang Rp50.000, Bakhtiar juga memberikan bantuan pribadi berupa uang Rp1,5 juta dan Rp 1 juta untuk puluhan warga yang rumahnya rusak parah sekaligus memberikan penghiburan kepada para korban bencana.

Bakhtiar mengaku bahwa bantuan yang diberikan tersebut bukan karena kaya, melainkan sebagai bentuk rasa tanggung jawab sebagai putra daerah yang sangat cinta dan sayang dengan masyarakat Barus.

Warga penerima bantuan mengaku haru sekaligus bersyukur atas kehadiran dan penghiburan yang disampaikan Bakhtiar.

“Terima kasih Bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani yang sudah datang mengunjungi kami dan menyerahkan bantuan. Kiranya beliau diberikan kemudahan rezeki dan kesehatan dan selalu dalam lindungan Allah SWT,” kata seorang ibu warga Barus, M Pasaribu. (red)