Bantu Capai Kestabilan Nilai Rupiah, Bank Indonesia Apresiasi Responden dan Liaison

Foto : Kepala KPw Bank Indonesia Sibolga Yuliansah Andrias bersama responden dan Liaison.

Kantong Berita, SIBOLGA-Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sibolga menggelar acara temu responden 2022 di Gedung Pertemuan Yenny Sopo Holong Kota Sibolga, Selasa (22/11/2022).

Dalam sambutannya, Kepala KPw Sibolga Yuliansah Andrias mengatakan, acara temu responden dilaksanakan dalam rangka memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada responden dan liaison, yang telah membantu Bank Indonesia dalam mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.

“BI Sibolga sangat berterimakasih atas partisipasi Bapak/Ibu yang telah berkenan memberikan data dan informasi untuk menjadi acuan kami dalam merumuskan kebijakan baik di kantor pusat, maupun di daerah,” kata Yuliansah.

Karena, dalam melaksanakan kebijakan moneter dan menstabilkan nilai Rupiah lanjut Yuliansah, diperlukan data yang tepat dan akurat. Bank Indonesia tidak mungkin bekerja sendiri, sehingga membutuhkan koordinasi, sinergi, dan peran serta dari banyak pihak.

Bank Indonesia cabang Sibolga secara rutin telah melakukan berbagai survei ke masyarakat dan para pelaku usaha yang berada di wilayah kerja yang meliputi 16 Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Utara.

Beberapa survei yang telah dilakukan oleh BI Sibolga, diantaranya, Survei Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional dan Survei Pemantauan Harga, yang dilakukan untuk memantau pergerakan harga komoditas yang kerap menjadi andil inflasi secara rutin.

Kemudian, Survei Kegiatan Dunia Usaha yang menangkap kondisi perkembangan kegiatan ekonomi sektor riil secara triwulanan. Survei Penjualan Eceran sebagai survei yang dilakukan untuk melihat perkembangan konsumsi rumah tangga dan sektor perdagangan, serta untuk mengetahui tekanan inflasi dari sisi permintaan.

Lalu, Survei Konsumen untuk mengetahui pandangan konsumen mengenai keyakinan serta ekspektasi pada kondisi perekonomian terkini dan yang akan datang, serta kegiatan Liaison yang dilakukan untuk mendapatkan informasi secara in-depth terkait kinerja pelaku usaha yang menjadi penggerak ekonomi utama di wilayah kerja Bank Indonesia Sibolga.

“Asesmen yang dihasilkan dari analisis data yang kami dapatkan, juga kami sampaikan kepada pemerintah daerah sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun kebijakan di daerah yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Pada acara temu responden tersebut, panitia menggelar kuis berhadiah menarik. Dimana pertanyaan yang dilemparkan kepada undangan seputar Bank Indonesia. (red)