Berbagai Akses Layanan BPJS Kesehatan, Mulai dari Cukup dengan NIK Hingga Fitur i-Care JKN

Foto : Rini M Hutahaean Pps Kepala Cabang BPJS Sibolga yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian Penjaminan Manfaat dan Utilisasi menjelaskan akses layanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan.

kantongberita.com, SIBOLGA | Rini M Hutahaean Pps Kepala Cabang BPJS Sibolga yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian Penjaminan Manfaat dan Utilisasi menjelaskan pada konferensi pers yang digelar di kantor BPJS Kesehatan Sibolga, Rabu (20/3/2024), bahwa BPJS Kesehatan telah menerapkan janji layanan JKN di fasilitas kesehatan, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam rangka Transformasi Mutu Layanan.

Dengan adanya janji layanan JKN, peserta JKN dapat merasakan berbagai kemudahan dalam mengakses layanan JKN. Seperti cukup menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan, dan tidak memerlukan fotokopi berkas.

“BPJS Kesehatan juga menegaskan bahwa tidak ada biaya tambahan bagi peserta JKN saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan, asalkan berobat sesuai prosedur, serta dilayani setara tanpa diskriminasi,” terang Rini.

Peserta JKN dapat langsung menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 untuk pencarian informasi fasilitas terdekat bagi yang melakukan perjalanan mudik.

Rini menambahkan bahwa peserta JKN juga dapat mengakses melalui Aplikasi Mobile JKN untuk mengetahui lokasi fasilitas kesehatan terdekat.

Kini terdapat fitur i-Care JKN yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan.

Melalui inovasi ini, mempermudah dokter di fasilitas kesehatan mengakses riwayat medis peserta JKN dalam 12 bulan terakhir, guna memberikan pelayanan yang lebih cepat dan tepat. Bahkan peserta JKN pun dapat mengakses juga melalui Aplikasi Mobile JKN.

Bagi yang melakukan perjalanan mudik agar senantiasa menjaga kesehatan dengan makanan bergizi seimbang, kurangi makanan tinggi gula, perbanyak asupan air putih, istirahat cukup, dan usahakan tetap berolahraga ringan.

“Jangan lupa juga untuk selalu memastikan bahwa kepesertaan JKN kita semua aktif, sehingga saat hendak mengakses layanan di fasilitas kesehatan tidak terkendala,” pungkasnya. (ril/red)