banner 728x250

Bupati Bakhtiar Sampaikan Capaian Pembangunan 1 Periode Kepemimpinan pada Rapat Paripurna DPRD Tentang Pengusulan Pemberhentian Masa Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Periode 2017-2022

Foto : Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani

Kantong Berita, TAPTENG-DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah menggelar Rapat Paripurna pengumuman akhir masa jabatan dan pengusulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Tengah masa jabatan 2017-2022, Selasa (19/4/2022).

Di hadapan Pimpinan serta Anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah, Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakilnya Darwin Sitompul, menyampaikan capaian pembangunan di Kabupaten Tapanuli Tengah dalam 1 periode atau 5 tahun kepemimpinan.

Foto : Ketua DPRD Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu menandatangani pengusulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Tapteng periode 2017-2022.

Bupati Bakhtiar juga menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan yang dilakukan selama memimpin.

Karena sebagai mahluk ciptaan Tuhan, mereka tidak luput dari segala kekurangan. Begitu juga dengan keberhasilan yang diraih, merupakan buah dari hasil kerjasama yang baik Pemkab Tapanuli Tengah dengan semua pihak, khususnya dengan pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Pada kesempatan ini ijinkanlah kami memohon maaf atas kekurangan selama memimpin Kabupaten Tapanuli Tengah. Di mana pada tanggal 22 Mei 2022 yang akan datang, genaplah lima tahun masa jabatan dan kepemimpinan kami sebagai Bupati dan Wakil Bupati,” kata Bupati mengawali sambutannya, Selasa (19/4).

Foto : Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani bersama Pimpinan dan Anggota DPRD Tapteng.

Dari pencapaian pembangunan infrastruktur dalam 1 periode kepemimpinan, mereka berhasil membuka jalan baru di 20 kecamatan dengan pembangunan jalan hotmix dan jembatan.

Demikian juga di sektor pendidikan, seperti pembangunan dan rehabilitasi ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, perbaikan sanitasi sekolah, pengadaan mobiler, buku, serta media pembelajaran, sukses dilakukan.

Ditambah lagi pemberian beasiswa kepada putra-putri Tapanuli Tengah di tingkat SMA dan Mahasiswa yang berprestasi, dan berasal dari keluarga kurang mampu.

Di bidang kesehatan juga, terjadi peningkatan pelayanan setiap tahunnya dan terus mengarah ke tingkat yang lebih baik. Pemberantasan narkoba, perjudian dan tempat-tempat maksiat berhasil ditutup. Penurunan angka kemiskinan terus terjadi dari tahun 2017 hingga kini.

Kemudian di bidang pemerintahan, baru di masa kepemimpinan Bakhtiar Sibarani dan Darwin Sitompul Pemkab Tapanuli Tengah untuk pertama kalinya meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK tahun pada 2020. Demikian juga dengan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di 85 desa dapat terlaksana dengan aman dan terkendali.

Dan di bidang perumahan, pasangan ini berhasil membangun 515 unit rumah tidak layak huni menjadi layak huni dari tahun 2017- 2022. Begitu juga dengan program nasional pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

“Ini adalah poin-poin penting capaian yang sudah kami kerjakan, dan kami minta semua itu diteruskan. Karena itu merupakan kepentingan masyarakat Tapanuli Tengah,” imbuhnya.

Terkait Pilkada serentak, yang direncakan digelar pada bulan November 2024, Bakhtiar menjelaskan, bahwa dalam kurun waktu dua tahun lebih Pemkab Tapteng akan diisi Pelaksana Bupati, dan itu adalah wewenang Menteri Dalam Negeri dan Gubernur Sumatera Utara.

“Kami sampaikan, kami tidak akan ikut campur, itu urusan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi. Namun ada yang ingin saya sampaikan kepada Pimpinan DPRD Tapanuli Tengah, ijinkan kami sebagai sahabat menitipkan jajaran OPD Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, serta berharap agar persahabatan yang sudah dibangun jangan dikotori,” pesan Bupati seraya menambahkan bahwa jabatan adalah amanah dan akan ada masanya, tetapi persahabatan yang dibina dengan hati dan perasaan tiada akhir dan masanya.

Tak lupa Bupati berusia 37 tahun itu menyampaikan terima kasih kepada Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli dan Pimpinan OPD yang telah bekerja sama selama 1 periode kepemimpinan nya.

Kepada masyarakat kabupaten Tapanuli Tengah, Bupati juga menyampaikan permohonan maaf apabila ada kesalahan selama memimpin.

“Kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa kami mohon ampun, dan kepada masyarakat kami mohon dimaafkan,” pungkasnya.

Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Tapteng, Khairul Kiyedi Pasaribu, yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Tapteng, Willy Sahputra Silitonga, para pimpinan komisi serta anggota DPRD Tapanuli Tengah lainnya.

Turut hadir Sekretaris Daerah, Yetty Sembiring, serta Pimpinan SKPD dan Camat se-Kabupaten Tapanuli Tengah. (red)