banner 728x250

Bupati Bakhtiar Akan Bangun Asrama Polsek dan Koramil, juga Kantor PN Cabang Barus; Dananya Ditampung di P-APBD Tapteng TA. 2022

Foto : Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani meninjau asrama Polsek, Koramil dan Kantor PN Cabang Barus yang akan direnovasi.

Kantong Berita, TAPTENG-Guna mendukung kinerja Polisi dan TNI di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah, khususnya di Kecamatan Barus dan sekitarnya, Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani memberikan perhatian khusus kepada kedua instansi tersebut.

Ada pun perhatian yang diberikan orang nomor satu di Tapteng tersebut berupa pembangunan Asrama Polsek Barus dan Asrama Koramil 01/Barus, yang kondisinya saat ini sudah tidak layak.

Foto : Bupati Tapteng saat meninjau bangunan yang akan dibangun kembali.

Bukan itu saja, Bupati Bakhtiar juga akan membangun Kantor Pengadilan Negeri Cabang Barus yang sudah lama terbengkalai.

Untuk memastikan dan sekaligus mengecek kondisi bangunan, Bupati bersama dengan Pimpinan DPRD Tapteng dan Ketua Komisi A DPRD beserta Anggota Dewan meninjau lokasi, Sabtu (26/3/2022).

“Hari ini kami bersama Bapak Kapolres Tapteng, Dandim 0211/TT, Ketua DPRD Tapteng bersama dengan Ketua Komisi A dan Anggota DPRD Tapteng dan Pimpinan OPD Tapteng turun meninjau lokasi. Dan seperti yang kita lihat, kondisi bangunan sudah sangat memprihatinkan dan sangat layak untuk diperbaiki,” katanya kepada wartawan di sela-sela peninjauan.

Foto : Kondisi bangunan yang sudah tidak layak huni lagi.

Dia menyebutkan, Pemerintah Tapanuli Tengah bersama Ketua DPRD Tapteng dan Pimpinan Komisi A dan Komisi C akan membuat berita acara pegadaan anggaran yang akan dimasukkan di rancangan kerja pada P-APBD Tapteng Tahun Anggaran 2022.

Untuk itulah Bupati memohon dukungan dari Ketua DPRD Tapteng, Kapolres, Dandim Tapanuli Tengah, Dinas PU, Bappeda, dan Perkim Tapanuli Tengah. Karena dalam waktu dekat akan segera dibuat MoU dan kontrak kerja.

“Walaupun masa jabatan kami selaku Bupati berakhir bulan Mei mendatang, hasil kesepakatan atau MoU kita ini tidak bisa diganggu dan digeser lagi,” tegas Bupati.

Khusus untuk Kantor Pengadilan Negeri Cabang Barus, Bupati menjelaskan, dia dan Ketua PN Sibolga akan turun bersama meninjau.

“Kita akan bangun Kantor PN Cabang Barus yang sudah lama terbengkalai. Karena itu akan berdampak juga terhadap keindahan Kota Barus yang sedang kita percantik. Nanti terkait mekanismenya dan aturannya akan kita sampaikan ke Pengadilan Negeri Sibolga,” pungkasnya.

Bupati juga mengungkapkan, bahwa saat ini di Kecamatan Barus sudah dibangun jembatan Hamzah Al- Fansuri yang dilengkapi dengan lampu hias dan menjadi salah satu ikon pariwisata di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Tak hanya itu, saat ini juga sedang dikerjakan normalisasi sungai agar tidak terjadi lagi banjir di Barus. Pembangunan GOR Barus, pelebaran jalan dan pembangunan trotoar dan lampu hias.

“Sudah barang tentu pembangunan yang sudah dan sedang dikerjakan saat ini, akan berdampak terhadap keindahan dan kecantikan Kota Barus. Hanya saja, kalau bangunan-bangunan yang kurang layak atau bangunan yang terbengkalai itu tidak kita perbaiki, akan mengurangi kecantikan Kota Barus. Atas dasar itulah kami akan membangunnya, biar sama-sama indah,” tandasnya.

Bupatipun yakin, dengan dibangunnya fasilitas TNI dan Polri serta PN, akan berdampak terhadap kinerja lembaga masing-masing, yang muaranya untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah secara umum, khususnya warga Kecamatan Barus dan sekitarnya.

“Kita sama-sama memiliki tanggung jawab untuk mendukung kinerja kita masing-masing. Semoga semua rencana dan niat baik kita ini diridhoi Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa,” kata Bupati.

Turut meninjau bersama Bupati, Kapolres Tapanuli Tengah, AKBP Jimmy Christian Samma, Dandim 0211/ T Letkol Czi Mangatas Pandapotan Sibuea, Ketua DPRD Tapteng Khairul Kiyedy Pasaribu, Ketua Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan, Adhitia Melfan Tanjung, Ketua Komisi C Josua Marudut Tua Habeahan yang membidangi pembangunan dan Anggota DPRD Tapteng lainnya.

Kemudian, Danramil Barus, Kapolsek Barus, Camat Barus, Bappeda Tapteng, Dinas PU Tapteng dan Perkim Tapteng. (red)