Hadiri Acara PGRI ‘Guru berbagi’ di Barus Utara, Bupati Tapteng Bantu Biaya Kuliah Anak Seorang Guru Honorer

Foto : Guru honorer yang menerima bantuan biaya kuliah anaknya dari Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Kantong Berita, TAPTENG – Pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun ini, para Guru honorer di Tapanuli Tengah mendapat berkah. Selain 10 Guru honorer yang menerima pembangunan rumah dari Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, seorang Guru honorer lainnya juga menerima uang tunai sebesar Rp10 juta dari Bupati.

Pemberian uang tersebut dilakukan oleh Bupati saat menghadiri acara Guru berbagi dalam rangka memperingati HGN dan HUT PGRI ke-76 di SMPN 1 Barus Utara, pada Selasa (23/11/2021).

Ketika Bupati memberikan pidato, seorang Guru wanita bernama Bertauli Sinabutar (43) naik ke panggung dan menyampaikan keluhannya tentang kesulitan keuangan yang dihadapi saat ini, terutama terkait biaya kuliah anak sulungnya yang sedang menyelesaikan skripsi.

Dengan kepeduliannya terhadap pendidikan, Bupati memberikan bantuan kepada Guru tersebut.

“Dalam pidato saya, saya menekankan pentingnya bekerja dengan baik dan menyarankan agar tidak mencari-cari kesalahan kepala sekolah. Jika ada ketidakcocokan, mereka dapat melaporkannya kepada saya dan saya akan menegur kepala sekolahnya. Jika terbukti bersalah,” kata Bupati.

Sebelumnya, Ketua PGRI Kabupaten Tapanuli Tengah, Herry Batubara, menjelaskan bahwa selain kegiatan Guru berbagi, dalam rangka menyambut peringatan HGN dan HUT PGRI ke-76, mereka telah mengadakan berbagai kegiatan, termasuk pertandingan voli, sepak bola, dan lomba paduan suara.

Dalam kegiatan Guru berbagi, ada 400 paket sembako yang berisi beras, gula, kopi, minyak goreng, dan mie instan yang akan dibagikan kepada warga kurang mampu di Kecamatan Barus Utara.

“Sasaran kami dalam program PGRI berbagi adalah masyarakat kurang mampu,” kata Herry.

Program Guru berbagi ini akan dilaksanakan di empat Kecamatan. Selain di Barus Utara, program ini juga akan diadakan di Kecamatan Sitahuis, Badiri, dan Pandan.

“Di Sitahuis pada 24 November, Badiri pada 26 November. Selanjutnya, acara puncak akan digelar di Kecamatan Pandan pada tanggal 28 November,” kata Herry.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, Ketua DPRD Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Tapteng Willy Saputra Silitonga, Ketua Komisi C DPRD Tapteng Ahmad Rifai Sibarani, serta beberapa pimpinan OPD Pemkab Tapteng. (red)