MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

Ketua DPRD Sibolga Tanggapi Kabar Pergantian Kepling

Foto : Ketua DPRD Sibolga Akhmad Syukri Nazri Penarik.

kantongberita.com, TAPTENG | Usai melantik 58 pejabat baru di jajaran Pemko Sibolga, Jumat (19/1/2024) yang lalu, beredar kabar kalau Wali Kota juga akan mengganti sejumlah Kepala Lingkungan (Kepling) di 4 Kecamatan di Kota Sibolga.

Tak hanya itu, dibalik pergantian Kepling tersebut, terendus kabar adanya pengutipan sejumlah uang terhadap oknum Kepling baru.

Menanggapi itu, Ketua DPRD Sibolga Akhmad Syukri Nazri Penarik berharap bila informasi tersebut benar, Kepling yang diberhentikan tersebut benar-benar telah terbukti bersalah dan bukan karena kepentingan politik.

“Misalnya keplingnya memang bermasalah, terkena masalah hukum ataupun menyalahi wewenang dalam bertugas ya sah-sah saja dalam hal pergantian, tidak ada hubungannya dengan politik,” kata Syukri dalam keterangan persnya usai menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Pemko Sibolga, Rabu (24/1/2024).

Namun kata Syukri dengan tegas, bila ternyata terbukti mengandung unsur politik, dirinya tidak segan-segan untuk menggunakan kewenangannya sebagai pengawas Pemerintahan.

“Kalau misalnya memang ada mengarah kesana (politik), saya juga akan menggunakan fungsi DPRD untuk melaksanakan pengawasan,” tegasnya.

Karena menurut Syukri, pergantian 3 OPD di Pemko Sibolga yang baru-baru ini dilakukan, juga disinyalir telah menyalahi aturan.

Dimana 2 dari 3 OPD yang dilantik tidak melalui proses lelang jabatan, sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kalau misalnya memang ada tekanan atas pergantian ini ya tekanan dari mana, siapa yang menekan. Jangan ini dijadikan alasan untuk melaksanakan hal-hal yang tidak sesuai dengan prosedur. Kalau misalnya pergantian ini menyalahi wewenang, saya tidak segan-segan untuk melaporkan langsung ke KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara). Karena fungsi kami sebagai DPRD selain masalah pembangunan, fungsi kami juga mengawasi bagaimana jalannya roda pemerintahan,” tukasnya. (rif)