Taput  

Periksa Pendatang dari Zona Merah, Bupati Taput; Lebih Baik Mencegah Diawal

Foto : Bupati Taput Nikson Nababan menyerahkan bantuan kepada warga.

Kantong Berita, TAPUT – Bupati Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Nikson Nababan kembali meninjau Posko Covid-19 pada Jumat (8/5).

Nikson melakukan pemeriksaan terhadap warga yang melewati Posko tersebut.

Selain itu, Bupati Taput tersebut juga melakukan pendataan terhadap warga pendatang, terutama yang berasal dari daerah zona merah, sebagai langkah pencegahan.

“Lebih baik melakukan pencegahan dari awal sebagai tindakan antisipasi,” ujar Nikson.

Selain memberikan perhatian kepada warga, Bupati Taput juga memberikan bantuan sembako khusus kepada penjaga Posko sebagai bentuk dukungan dan motivasi dalam menjalankan tugas mereka serta menjaga kesehatan.

“Bantuan sembako yang saya berikan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat penjaga Posko dan penting untuk tetap menjaga kesehatan,” jelasnya.

Bantuan sembako tersebut terdiri dari mie instan, telur ayam, dan bahan pembuatan wedang jahe.

Selain itu, Bupati juga memberikan pesan kepada penjaga Posko agar tidak minum tuak sambil bernyanyi-nyanyi saat bertugas karena hal tersebut dapat menimbulkan keresahan di kalangan warga.

“Ikuti protokol kesehatan dengan selalu memakai masker dan menjaga jarak. Selain itu, akan disediakan beberapa kebutuhan Posko seperti thetmogun dan wastafel,” tambahnya.

Nikson juga memberikan pesan kepada warga yang belum menerima bantuan, baik dari Pemkab Taput maupun dari Pemerintah Pusat, untuk bersabar.

“Semua warga yang memenuhi syarat akan mendapatkan bantuan, terutama yang terdampak secara ekonomi oleh pandemi saat ini. Saya mengajak semua untuk bersabar, pasti akan diberikan bantuan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, termasuk distribusi bantuan sesuai dengan data KK (Kartu Keluarga), bukan individu per individu,” ujar Bupati.

Selama kunjungannya, Nikson juga menerima aspirasi dari masyarakat terkait data penerima bantuan yang dinilai belum akurat, dan langsung memerintahkan instansi terkait untuk menindaklanjutinya.

Dalam kegiatan tersebut, Nikson didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Alexander Gultom, Kasatpol PP Rudi Sirorus, dan Kabag Tapem.