MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300
Tapsel  

Peringati Hari Pertanian Nasional, PTAR Serahkan Hadiah Rp100 juta kepada 15 Petani Aktor Milenial

Foto : General Manager Operations PTAR Rahmat Lubis (kiri) bersama Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu meninjau pameran hasil pertanian di Sopo Daganak, Batangtoru, Tapanuli Selatan, Senin (25/9/2023).

Kantong Berita, TAPSEL-PT. Agincourt Resources (PTAR) menggelar acara Gelar Karya Tani Mandiri 2023 di Sopo Daganak, Batangtoru, Tapanuli Selatan, Senin (25/9/2023).

Pada acara yang dihadiri 400 undangan yang terdiri dari Bupati Tapsel bersama forkopimda Tapanuli Selatan, perwakilan kelompok tani Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru, Penyuluh BPP Kabupaten Tapanuli Selatan, para akademisi, serta masyarakat setempat tersebut, PTAR menyerahkan hadiah total Rp100 juta dalam bentuk pengembangan usaha pertanian kepada 15 Petani Aktor Milenial Kabupaten Tapanuli Selatan.

“Program Petani Aktor Milenial ini kami laksanakan untuk membantu pemerintah meregenerasi petani, utamanya di Tapanuli Selatan. Karena menurut Badan Pusat Statistik, petani di Indonesia masih didominasi oleh generasi X, yaitu yang berumur 41-56 tahun. Selain itu, kami juga ingin mendorong terciptanya model usaha baru dan inovatif dalam bidang agribisnis guna mendorong peningkatan produktifitas dan pendapatan petani,” kata Rahmat Lubis, General Manager Operations PTAR.

Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu (tengah) bersama jajaran manajemen PTAR berfoto bersama para pemenang Petani Aktor Milenial di Sopo Daganak, Batangtoru, Tapanuli Selatan, Senin (25/9/2023). (Dok. PTAR)

Menurut Rahmat, program ini dilakukan dalam beberapa tahapan, mulai dari launching program dan pendaftaran peserta pada bulan Juni hingga Juli yang diikuti 63 orang peserta.

Sementara, untuk tahap audisi dan seleksi dilakukan pada Agustus dan September.

Dalam tahap seleksi, penilaian terdiri dari beberapa indikator, mulai dari faktor teknis, inovasi, kelembagaan, hingga peran petani aktor dalam pemberdayaan masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, PTAR bekerjasama dengan Dinas Pertanian Tapsel dan Balai Pelatihan Pertanian Jambi sebagai tenaga ahli.

“Selain membantu program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan, kami juga berharap dapat mengubah paradigma anak muda tentang dunia pertanian menjadi lebih positif,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Tapanuli Selatan, Dolly Pasaribu mengapresiasi PTAR yang telah menyelenggarakan acara tersebut.

Katanya, pertanian merupakan salah satu sektor terpenting yang dimiliki Tapanuli Selatan.

“Kita memiliki potensi yang sangat tinggi untuk mengembangkan pertanian. Semoga para Petani Aktor Milenial ini dapat menyebarkan ilmunya kepada masyarakat luas. Sehingga kemudian mendorong aspek pertanian di daerah kita menjadi semakin maju,” ujar Dolly.

Adapun 15 pemenang tersebut adalah Herman Hatimbulan, Amar Husin Sitompul, Saddam Husein Rambe, Muhya Wahyu Rambe, Mhd. Azis Hutasuhut, dan Parlaungan Simanjuntak.

Kemudian, Damu Roy Sahnan Nasution, Rahmad Soehedi Simatupang, Riskon Mulyadi, A. Fauzi Batubara, Andre Ilham, Pandapotan Saputra, Arif Sopiandi Hasibuan, Wardah, serta David Fernando.

Apresiasi juga disampaikan oleh Andre Ilham, salah satu pemenang asal Kecamatan Batangtoru kepada PTAR, dan mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya acara tersebut.

“Ini program yang bagus untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Semoga gelar juara ini dapat membuat usaha saya semakin maju dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar,” kata Andre, yang merupakan pemilik usaha Sahabat Tani, yang berfokus pada usaha pembibitan tanaman hortikultura seperti durian, mangga, petai, dan jengkol.

Selain pengumuman pemenang, pada kesempatan tersebut juga digelar pameran produk-produk hasil pertanian dari 15 Balai Penyuluhan Pertanian Tapanuli Selatan, serta seminar dan talkshow tentang kebijakan dan strategi pengembangan pertanian dan agribisnis dengan para narasumber dan tenaga ahli. (ril/red)