Kunker Kapolda Sumut ke Tapteng, Pj Bupati Dukung Konsep Restorative Justice

Kantong Berita, TAPTENG-Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menekankan pentingnya Restorative Justice.

Konsep ini merupakan proses di mana semua pihak yang terlibat dalam suatu pelanggaran tertentu bertemu bersama untuk mencari solusi bersama.

Hal itu disampaikan Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tapanuli Tengah, Selasa (26/9/2023).

Selain menekankan konsep Restorative Justice, Kapolda Sumut juga menekankan pentingnya pelayanan kepolisian yang humanis dan ikhlas kepada masyarakat.

Ia berharap agar pelayanan kepolisian tidak hanya berfokus pada penegakan hukum, tetapi juga pada pemahaman dan empati terhadap masyarakat.

Pj Bupati Tapteng, Elfin Elyas, menyambut baik gagasan dari Kapolda Sumut.

Elfin menjelaskan bahwa dalam pendekatan Restorative Justice, korban, pelaku, dan komunitas dapat berdialog untuk membahas konsekuensi tindakan kriminal dan mencari solusi yang tepat bagi semua pihak.

“Ini dapat mencakup permintaan maaf, restitusi (ganti rugi), atau tindakan lain yang membantu memperbaiki dampak tindakan tersebut. Intinya adalah mediasi yang berfungsi dengan baik,” kata Elfin.

Pj Bupati berharap dengan semangat Restorative Justice yang ditekankan oleh Kapolda Sumut, penegakan hukum dan keadilan di wilayah Sumatera Utara akan semakin berfokus pada rekonsiliasi dan pemulihan sosial, memperkuat hubungan antara kepolisian dan masyarakat, serta membangun harmoni yang lebih baik dalam masyarakat.

Dalam kunjungannya ke Tapanuli Tengah, Kapolda Sumut dan rombongan mengunjungi Cagar Budaya Komplek Makam Mahligai dan Makam Papan Tinggi yang terletak di Kecamatan Barus Utara.

Kapolda Sumut didampingi oleh Gus Hayat, seorang tokoh agama yang juga pendiri serta pengasuh Pondok Pesantren Alif Baa Tanbihul Ghofilin Mantrianom Bawang Banjarnegara, Jawa Tengah.

Mereka melakukan ziarah di Makam Papan Tinggi, tempat peristirahatan terakhir Syekh Mahmud. Makam ini memiliki panjang mencapai 7 meter dengan batu nisan berwarna putih setinggi 1,5 meter.

Usai berziarah di Makam Papan Tinggi, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi langsung kembali ke Medan menggunakan helikopter sekira pukul 13.30 WIB. (red)