Pj Bupati Hadiri Rakor Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2023 di Hotel Grand Sahid Jaya

Kantong Berita, JAKARTA-Pj Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Elfin Elyas, hadiri Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPANRB) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (3/8/2023).

Rapat koordinasi ini dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dan dihadiri oleh Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, serta Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono.

Agenda utama dalam Rakor ini adalah Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2023, Uji Publik Rancangan Perubahan Undang-Undang ASN, dan Penyerahan Surat Keputusan Menteri PANRB tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah Tahun Anggaran 2023 kepada Bupati dan Walikota se-Indonesia.

Dalam laporannya, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengumumkan bahwa pemerintah telah menetapkan kebutuhan ASN nasional sebanyak 572.496 pada Tahun 2023.

“Jumlah ini mencakup 78.862 kebutuhan untuk Kementerian dan Lembaga Pemerintah Pusat, serta 493.634 kebutuhan untuk Pemerintah Daerah,” paparnya.

Abdullah Azwar Anas mengatakan untuk Tahun 2023, Kementerian/Lembaga Pemerintah Pusat akan melakukan penerimaan ASN yang terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Sementara itu, pada Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota, pengadaan penerimaan ASN hanya akan dibuka untuk PPPK saja,” jelasnya.

Alokasi formasi CASN untuk pemerintah pusat terinci sebanyak 28.903 untuk CPNS dan 49.959 untuk PPPK.

Sedangkan di pemerintah daerah dialokasikan khusus sebanyak 296.084 PPPK Guru, 154.724 PPPK Tenaga Kesehatan, dan 42.826 PPPK Teknis.

“Proses seleksi akan dimulai pada September 2023,” sebutnya.

Pada acara Rakor tersebut, Pj Bupati Tapanuli Tengah, Elfin Elyas, hadir bersama Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah, Drs. Herman Suwito, serta Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tapanuli Tengah, Rahmad Saleh, yang diwakili oleh Sekretaris BKPSDM, Dedi Irama Gulo, dan Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi, Agnes Swarnita Lumbantobing.

Turut hadir dalam acara ini, Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Bima Arya Sugiarto, Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Haryomo Dwi Putranto, serta Sekretaris Kementerian PANRB, Rini Widyantini.

Selain itu, hadir juga seluruh Deputi di Lingkungan Kementerian PANRB serta para Bupati, Wali Kota, Sekretaris Daerah, dan Kepala BKD/BKPSDM/BKPP dari seluruh Indonesia. (ril)