MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300
Medan  

Presiden Joko Widodo Hadiri Peringatan HPN 2023 di Medan | Dunia pers tidak sedang baik-baik saja

Presiden Joko Widodo Hadiri Peringatan HPN 2023 di Medan | Dunia pers tidak sedang baik-baik saja
Foto: Presiden RI Joko Widodo saat menghadiri acara HPN tahun 2023 di Medan.

Kantong Berita, MEDAN-Presiden RI Joko Widodo menghadiri puncak peringatan HPN 2023 di Gedung Serbaguna Pemprovsu Medan, Kamis (9/2/2023).

Jokowi hadir bersama sejumlah menteri, Ketua MPR RI, Kapolri, dan Panglima TNI. Hadir pula, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wali Kota Medan Bobby Nasution serta sejumlah Kepala Daerah Sumut lainnya.

Dalam arahannya, Jokowi menegaskan bahwa dunia pers saat ini sedang tidak baik-baik saja.

“Saya ingin katakan, bahwa dunia pers sedang tidak baik-baik saja. Saya ulangi, dunia pers sedang tidak baik-baik saja,” ujar Jokowi.

Kalau dulu pers memperjuangkan kebebasan pers dan itu sudah terwujud. Namun sekarang tantangan yang dihadapi pers adalah bagaimana menyajikan berita yang bertanggungjawab.

Masih kata Presiden, masyarakat saat ini kebanjiran berita, termasuk berita dari media sosial dan platform asing yang kebenarannya belum bisa dipastikan. Ditambah lagi konten-konten yang mengorbankan kebenaran.

Untuk itulah Jokowi meminta agar pers dalam menyajikan berita benar-benar bertanggungjawab.

Presiden dua periode itupun menyinggung tentang penghasilan media convensional yang hampir 60 persen diambil media digital dan dikelola platform asing.

“Waktu saya makan durian tadi malam bersama teman-teman wartawan, saya dapat laporan bahwa 60 persen belanja iklan media convensional diambil media digital yang platformnya dikelola media asing,” ungkapnya.

Presiden kemudian meminta Kementerian Kominfo secepatnya mengeluarkan Perpres tentang hal tersebut.

“Saya minta satu bulan ini sudah selesai Perpresnya dan saya akan ikut memantau,” pungkasnya.

Keberadaan platform media asing kata Jokowi, juga berdampak terhadap keamanan data dan itu harus diwaspadai.

Puncak Hari Pers Nasional ini turut dihadiri Para Duta Besar, Para Gubernur, Para Bupati dan Insan Pers. (red)