Tapsel  

PTAR Operasi 1000 Penderita Katarak “Buka mata lihat indahnya dunia”

Foto : Didampingi Kapolres Tapsel, AKBP Imam Zamroni, Direktur & CFO PT Agincourt Resources Noviandri Hakim (tengah), bersiap meneteskan obat ke mata pasien katarak di RS Bhayangkara Batangtoru, Kamis (14/9/2023).

Kantong Berita, TAPSEL-PTAR menggelar safarai Pemeriksaan dan Operasi Katarak Gratis di Rumah Sakit Bhayangkara, Batangtoru, Tapanuli Selatan, Kamis (14/9/2023).

Acara dibuka secara resmi oleh Direktur & CFO PT Agincourt Resources, Noviandri Hakim.

Ini merupakan tahun kesembilan gelaran operasi katarak gratis yang digelar oleh PTAR. Dengan semangat menuntaskan buta katarak di Indonesia, tahun ini PTAR menetapkan kuota 1.000 mata yang akan di operasi.

Sesuai dengan tema kegiatan “Buka mata lihat indahnya dunia” PTAR menggandeng para dokter spesialis mata dari Rumah Sakit Mata Mencirim 77 Medan.

Operasi akan digelar sebanyak 7 putaran, yang tersebar di berbagai daerah di Sumatera Utara (Sumut) yakni, Batangtoru, Sipirok, Siantar, dan Medan.

Menurut Direktur & CFO PT Agincourt Resources, Noviandri Hakim, operasi katarak gratis yang secara konsisten diadakan setiap tahun ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan dalam menekan prevalensi buta katarak di Indonesia yang cukup serius.

“Melalui safari operasi katarak ini, kami ingin berkontribusi dalam mempercepat penanggulangan katarak dengan mendorong sebanyak mungkin orang menjalani operasi katarak,” kata Noviandri.

Satu-satunya cara memulihkan katarak kata Noviandri lanjut menjelaskan, hanyalah dengan operasi.

Harapannya, setiap orang dapat memiliki penglihatan optimal serta bisa mengembangkan potensi dirinya.

Bila itu terjadi, kualitas hidup mantan penderita katarak, keluarga, rekan-rekan di sekeliling, dapat meningkat dan lebih sejahtera.

“Berdasarkan hasil survei Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) di 15 provinsi pada periode 2014-2016, angka kebutaan di Indonesia mencapai 3 persen. Dari angka itu, sekitar 81 persen disebabkan oleh katarak,” ungkapnya.

Menurut Kapolres Tapanuli Selatan, AKBP Imam Zamroni, yang turut hadir pada pembukaan Safari Operasi Katarak Gratis 2023 Tambang Emas Martabe teraebut, peningkatan kualitas sumber daya manusia dipengaruhi oleh keberhasilan pembangunan kesehatan melalui berbagai upaya preventif dan kuratif.

“Supaya pembangunan kesehatan berhasil, upaya-upaya kesehatan harus dilakukan bersama, antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat. Penyelenggaraan operasi katarak ini adalah bukti dari komitmen pelaku usaha yaitu PT Agincourt Resources dalam mewujudkan pembangunan kesehatan, yang merupakan bagian dari pembangunan nasional,” kata Kapolres.

Kerja sama antara Polri melalui Rumah Sakit Bhayangkara dan PTAR masih kata Kapolres Tapsel merupakan bukti sinergitas yang baik antara badan negara dengan pelaku usaha, dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. (red)