MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

Seiring Redanya Angka Infeksi Covid-19 dan Penghapusan PPKM, Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Sumber : Bank Indonesia Sibolga

Kantong Berita, SIBOLGA-Dari data Bank Indonesia yang disampaikan pada bincang-bincang yang digelar antara Bank Indonesia Sibolga dengan sejumlah Wartawan di Cafe Matahari Sibolga, Kamis (26/2/2023), Pertumbuhan ekonomi Indonesia terus berlanjut.

Dari rilis BPS kata Kepala Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sibolga, Yuliansah Andrias menjelaskan, ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 5,31% di tahun 2022.

“Salahsatu penyebabnya yakni, mulai membaiknya mobilitas masyarakat seiring redanya angka infeksi Covid-19. Kemudian, dengan dihapusnya kebijakan PPKM, menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi RI tahun 2022” kata Yuliansah.

Pertumbuhan ekonomi tersebut sejalan dengan perkembangan dari sisi lapangan usaha. Diantaranya, sektor perdagangan besar dan eceran, yang tumbuh cukup kuat. Sebagaimana tercermin dari indeks penjualan riil (IPR) Desember 2022 yang tumbuh positif.

Sejalan dengan kinerja ekonomi Nasional, pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara juga tumbuh menguat menjadi sebesar 4,73 %, lebih tinggi dibandingkan tahun 2021 sebesar 1,36 %.

Meskipun demikian, pertumbuhan ini masih lebih rendah bila dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional. (red)