Sudah 123 Mahasiswa Kurang Mampu yang Mendapat Bea Siswa dari Bupati Tapteng

Foto : Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani bersama mahasiswa penerima beasiswa.

Kantong Berita, TAPTENG – Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani, terus menunjukkan tekadnya untuk mendukung pendidikan tinggi bagi para pemuda berbakat dari daerahnya, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Dalam hal ini, anggaran dari APBD Tapteng dialokasikan untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa kurang mampu yang berasal dari Kabupaten Tapanuli Tengah dan berhasil diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia.

Pada tahun ini, sebanyak 123 mahasiswa mendapatkan beasiswa ini. Besaran beasiswa adalah Rp1 juta per bulan untuk mahasiswa yang kuliah di Sumatera Utara dan Rp1,5 juta per bulan untuk yang kuliah di luar Sumatera Utara.

“Total penerima tahun ini adalah 123 orang, dengan 73 di antaranya kuliah di wilayah Sumatera Utara, dan 50 di luar provinsi tersebut,” kata Kabag Kesra Setdakab Tapanuli Tengah, Dedy Kurniawan Panggabean.

Dia menjelaskan bahwa sesuai instruksi dari Bupati, dana beasiswa disalurkan langsung ke rekening penerima tanpa ada potongan apapun, dan proses penyaluran sedang berlangsung.

“Dana beasiswa untuk tahun ini disalurkan melalui Kesra, sementara tahun sebelumnya, yaitu 2019-2020, melalui Dinas Pendidikan. Dananya langsung ditransfer ke rekening masing-masing penerima,” ungkapnya.

Program beasiswa ini telah dimulai oleh Bupati Tapteng sejak tahun 2019. Pada tahun tersebut, terdapat 19 penerima beasiswa, kemudian 105 orang pada tahun 2020, dan 123 orang pada tahun 2021.

Sehingga, total penerima beasiswa sejak 2019 mencapai 247 orang selama kepemimpinan Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Darwin Sitompul.

Dalam berbagai kesempatan, Bupati Bakhtiar selalu menyuarakan harapannya agar banyak sarjana berkualitas lahir dari Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Saya bukan seorang sarjana, tetapi saya bercita-cita agar banyak sarjana yang muncul dari daerah saya ini. Program beasiswa ini menunjukkan perhatian kami terhadap pendidikan, dan merupakan wujud nyata dari komitmen kami sebagai pemimpin yang dipercayakan oleh masyarakat,” tegasnya.