Terima Penghargaan Paramesti dari Kementerian Kesehatan, Pj Bupati Tapteng : Stop merokok, jaga kesehatan

Foto : Pj Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Elfin Elyas menerima Penghargaan Paramesti dari Kementerian Kesehatan RI, Kamis (8/6/2023).

Kantong Berita, JAKARTA-Pj Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Elfin Elyas menerima Penghargaan Paramesti dari Kementerian Kesehatan RI, Kamis (8/6/2023).

Piagam diserahkan oleh Kementerian Kesehatan dalam rangka Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) tahun 2023 di Auditorium Siwabessy Kementerian Kesehatan RI.

HTTS yang diperingati setiap tanggal 31 Mei kali ini mengusung tema global “Kita Butuh Makanan Bukan Rokok”.

Hal ini untuk meningkatkan kesadaran tentang efek berbahaya dari penggunaan tembakau dan paparan asap rokok.

Dalam rangka Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Menteri Kesehatan RI menyerahkan Piagam Penghargaan Paramesti kepada Pemerintah Kabupaten yang telah menetapkan regulasi tentang kawasan tanpa rokok, maupun penyelenggaraan layanan upaya berhenti merokok di fasilitas layanan kesehatan.

Dalam keterangannya, Pj Bupati Tapteng Elfin Elyas mengatakan penyelenggaraan layanan upaya berhenti merokok di fasilitas layanan kesehatan bertujuan untuk melindungi kesehatan warga dari dampak buruk rokok dan sesuai dengan Tema Global Tahun ini.

“Untuk itu saatnya Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah mengkampanyekan Stop merokok, jaga kesehatan. Karena kesehatan merupakan kebutuhan dasar dari manusia, dalam menjalani kehidupan. Daripada membeli rokok lebih baik uangnya dipergunakan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari,” kata Elfin sembari mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dengan tidak merokok, karena dapat membahayakan si perokok dan juga orang di sekitarnya.

Ada 9 Kabupaten Penerima Penghargaan Paramesti se-Indonesia, diantaranya Kabupaten Tapteng, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Samosir, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Mimika. (ril/red)