11 Kontingen Berkompetisi di Matauli Art Sport Championship 2024 – Digelar Seminggu Sebelum Ujian Akhir

Foto : Kontingen 4 yang merupakan juara umum Matauli Art Championship 2023 menyerahkan piala bergilir kepada Kepala SMAN 1 Matauli Pandan Deden Rachmawan.

kantongberita.com, TAPTENG | Pada perlombaan olahraga dan seni atau Matauli Art Sport Championship 2024 yang digelar oleh SMAN 1 Matauli Pandan, ada 11 kontingen yang akan berkompetisi memperebutkan juara.

Setiap kontingen, merupakan gabungan antara kelas X dengan kelas XI.

Para siswa-siswi Matauli ini akan memperebutkan piala bergilir yang sebelumnya ada di tangan kontingen 4, yang berhasil menjadi juara umum pada tahun 2023 lalu.

Foto : Para siswa-siswi SMAN 1 Matauli Pandan menyaksikan Matauli Art Championship 2024.

Piala tersebut telah diserahkan oleh kontingen 4 kepada Kepala SMAN 1 Matauli Pandan Deden Rachmawan pada upacara pembukaan Matauli Art Championship 2024.

“Anak-anak ini, kebersamaan itu yang paling penting. Jadi, inspirasi dalam bersaing, dalam berkarya. Artinya anak-anak bukan perkelas yang akan kita tandingkan, perkontingen. Totalnya menjadi sebelas kontingen. Setiap kontingen terdiri ada kelas sepuluh dan ada kelas sebelas,” terang Muhammad Joko Sulaksono, Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Matauli Pandan.

Menurut Joko, jenis olahraga dan seni yang diperlombakan merupakan pilihan dari siswa, diantaranya Sepakbola, Volly, Basket, Bulu Tangis, Renang, Tenis Meja, Atletik, Cerdas Cermat, Tari Kreasi, Vokal Solo, dan Tari.

“Semuanya tergantung komitmen dengan anak-anak,” tukasnya.

Adapun kegiatan Matauli Art Championship 2024 yang merupakan agenda tahunan SMAN 1 Matauli Pandan ini digelar di Minggu tenang menjelang ujian akhir.

Kata Joko, tahun ini berbeda dengan tahun tahun-tahun sebelumnya, yang mana kegiatan serupa selalu digelar setelah ujian akhir usai.

“Kita balek, jadi berdasarkan pengalaman, kalau yang lalu ujian dulu baru refreshing, itu kayaknya kurang efektif. Sekarang anak-anak refreshing dari tanggal 5 sampai 11 (Juni). Tanggal 12 (Juni) baru ujian,” pungkasnya.

##SMAN 1 Matauli Punya 69 Ekstrakulikuler yang Dibagi 2 Kelompok##

Diketahui, di SMAN 1 Matauli Pandan ada 69 ekstrakulikuler yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama akan mengisi kegiatan di hari Rabu dan Kamis. Sedangkan kelompok kedua akan menggelar kegiatan di hari Jumat dan Sabtu.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Kepala SMAN 1 Matauli Pandan Joko Sulaksono disela pembukaan Matauli Art Championship 2024.

“Kelompok pertama yang ada follow up nya kedepan nya, dibina setiap Rabu dan Kamis. Karena memang dilombakan secara nasional. Dia masuk namanya Puspresnas, (Pusat Prestasi Nasional), mulai dari olympiade sains nasional, kegamaan. Kemudian, ada yang namanya ekstrakurikuler rekreatif, ini yang pelaksanaannya hari Jumat dan Sabtu. Tetapi, ini lombanya tidak menjadi rutin, contohnya kayak beladiri,” terang Joko.

Menurutnya, sejak SMAN 1 Matauli Pandan berdiri, kegiatan ekstrakurikuler selalu aktif berjalan, dibawah pembinaan guru-guru berpengalaman dibidangnya. (red)