MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

2 Tahun Berturut-turut Pandan Juara Umum, Ini Daftar Pemenang MTQ dan FSQ Tapteng 2023

Foto : Pj Bupati Tapteng Elfin Elyas bersama tokoh masyarakat Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani menyerahkan hadiah juara umum yang diterima langsung oleh Camat Pandan Gusni Army Pasaribu.

Kantong Berita, TAPTENG-Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-48 dan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-33 Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Tahun 2023, yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Barus, Tapanuli Tengah, selama tiga hari berturut-turut akhirnya usia dan ditutup, Sabtu (4/3/2023).

Kecamatan Pandan kembali meraih juara umum dan memperoleh trophy bergilir. Ini merupakan yang kedua kalinya Kecamatan Pandan berhasil meraih juara umum. Sebelumnya, di tahun 2022, Kecamatan yang dipimpin oleh Gusni Army Pasaribu ini berhasil angkat trophy MTQ ke-47 dan FSQ ke-32, yang juga digelar di Lapangan Merdeka Barus.

Adapun pemenang lomba pada MTQ ke-48 dan FSQ ke-33 Tahun 2023 diantaranya :

Untuk lomba Tartil Quran, kelompok Putra, Juara I diraih oleh perwakilan dari Kecamatan Barus atasnama Luqman Khairy Tanjung. Juara II diraih oleh Sarudik atasnama Rifki Ardiansyah Silitonga dan juara III diraih oleh Tapian Nauli atasnama Yusuf Habibi Tanjung.

Untuk kelompok putri, juara I diraih oleh Kecamatan Barus atasnama Atiqah Salsabilah, juara II diraih Sosorgadong atasnama Annisah Bakhtiar Sibarani dan juara III diraih oleh Tukka atasnama Mahirah Balqis Azizah.

Kemudian, lomba Tilawah anak-anak, kelompok putra, juara I berhasil diraih oleh Kecamatan Barus Utara atasnama Khairul Fuadi, juara II diraih Barus atasnama Surya Hamiz Tanjung, dan juara III diraih oleh Tapian Nauli atasnama Alfiansyah Maulana Sihotang.

Untuk Kelompok putri, juara I diraih oleh Kecamatan Tukka atasnama Izzatul Alya Damanik, juara II diraih Sarudik atasnama Zahwa Izzatun Nisa, dan juara III diraih oleh Sirandorung atasnama Kesya Dinata.

Tilawah remaja, kelompok putra, juara I berhasil diraih oleh Kecamatan Sibabangun atasnama Muslimin Hutapea, juara II diraih Pandan atasnama Paisal Ramadhan H, dan juara III diraih Tukka atasnama Marwan Sulaiman S.

Kelompok putrinya, juara I berhasil diraih oleh Kecamatan Sarudik atasnama Nur Sa’adah, juara II diraih Barus atasnama Desi Matondang, dan juara III diraih Pandan atasnama Tulkhair W.

Lomba Musabaqah Fahmil Quran, kelompok putra, juara I berhasil diraih oleh Kecamatan Sitahuis atasnama Naufal Raihan Luthfi Hutagalung dan kawan-kawan, juara II diraih Badiri atasnama Zhafran Al-Buchari Hasibuan dan kawan-kawan, dan juara III diraih oleh Sorkam atasnama Pahmi Fahrezi Limbong dan kawan-kawan.

Untuk kelompok putrinya, juara I berhasil diraih oleh Kecamatan Pandan atasnama Robiyatul Adawiyah Simanjuntak dan kawan-kawan, juara II diraih Sitahuis atasnama Syifah dan kawan-kawan, dan juara III diraih Lumut atasnama Wini Angraini Simanjuntak dan kawan-kawan.

Pemenang Musabaqah Syarhil Quran, untuk kelompok putra, juara I berhasil diraih oleh Kecamatan Tapian Nauli atasnama Ahmad Syafar Zega dan kawan-kawan, juara II diraih Barus atasnama Henriko Parapat dan kawan-kawan, dan juara III diraih Sorkam atasnama Hidayat Diansyah Nursalim Tanjung dan kawan-kawan.

Kelompok putri, juara I diraih oleh Kecamatan Pandan atasnama Wahidatul Aflah dan kawan-kawan, juara II diraih Sirandorung atasnama Henni Aprawika Halawa dan kawan-kawan, dan juara III diraih Kolang atasnama Asmaul Husna Sinaga dan kawan-kawan.

Lomba Musabaqah Khattil Quran, kelompok putra, juara I diraih oleh Kecamatan Tapian Nauli atasnama Mauluddin Sinaga, juara II diraih Lumut atasnama Armansyah Nasution, dan juara III diraih Pasaribu Tobing atasnama Nilpan Khairi Putra.

Untuk kelompok putri, juara I diraih oleh Kecamatan Tukka atasnama Novita Sari Situmeang, juara II diraih Sibabangun atasnama Muhimmah, dan juara III diraih Barus atasnama Novia Oktari Nasution.

Sementara, untuk lomba Hiasan Mushaf, kelompok putra, juara I diraih oleh Kecamatan Sorkam atasnama Aflahuddin Pulungan, juara II diraih Tapian Nauli atasnama Anwar Gunawan, dan juara III diraih Sarudik atasnama M. Manurung.

Kelompok putri, juara I diraih oleh Kecamatan Tapian Nauli atasnama Annisyah Nur Silalahi, juara II diraih Kolang atasnama Isya Aulia Ruqoyyah Situmeang, dan juara III diraih Sosorgadong atasnama Nur Safitri Situmeang.

Untuk pemenang Festival Seni Qasidah, kelompok putra, juara I berhasil diraih oleh Kecamatan Sorkam atasnama Fakhruddin Marjua Pane dan kawan-kawan, juara II diraih oleh Pandan atasnama Muhammad Ridwan Pasaribu dan kawan-kawan, dan juara III diraih oleh Badiri atasnama Muhammad Ikhsan dan kawan-kawan.

Kelompok putri, juara I diraih oleh Kecamatan Pandan atasnama Nindya Afyani Silitongan dan kawan-kawan, juara II diraih Manduamas atasnama D. Sumiyanti Gajah dan kawan-kawan.

Lomba Musabaqah Hifzhil Quran golongan 1 juz, kelompok putra, juara I berhasil diraih oleh Kecamatan Tukka atasnama Heri Armansyah Caniago, juara II diraih Pandan atasnama Muhammad Auliya Rizqi, dan juara III diraih Pinangsori atasnama Muhammad Sayyid.

Untuk kelompok putri, juara I diraih oleh Kecamatan Pandan atasnama Nur Salsabila Prini, juara II diraih oleh Barus Utara atasnama Nur Khafipa Lubis, dan juara III diraih Barus atasnama Siti Aisyah Hasugian

Untuk Golongan 5 juz, kelompok putra, juara I diraih oleh Kecamatan Sarudik atasnama Ragil Diarsyah, Juara II diraih Sitahuis atasnama Iqbal Hutagalung, dan juara III diraih Sirandorung atasnama Dika Roniansyah.

Kelompok putri, juara I diraih oleh Kecamatan Barus atasnama Arvaina Zahra Sinaga, juara II diraih Pandan atasnama Indah Lestari, dan Juara III diraih oleh Badiri atasnama Dwi Amalia.

Golongan 10 juz, kelompok putra, juara I diraih oleh Kecamatan Sorkam atasnama Ahmad Fatwa Hutagalung, juara II diraih Pandan atasnama Fikron Nur Hidayat Pasaribu, dan juara III diraih Barus atasnama Arif Rahman Harefa.

Untuk kelompok putri, juara I diraih oleh Kecamatan Pandan atasnama Hafshah, juara II diraih Sorkam atasnama Adinda Juliana Setiawati Manullang, dan juara III diraih Pinangsori atasnama Julita Sari Munthe.

Untuk Golongan 20 juz, juara I berhasil diraih oleh Kecamatan Sorkam Barat atasnama Aisyah, juara II diraih Pandan atasnama Hidayati Ruslaini Sibagariang, dan juara III diraih Sorkam Barat atasnama Mi’raz Abdullah Al-A’raf Sarumpaet.

Acara penutupan MTQ dan FSQ Tapteng 2023 tersebut ditutup langsung Pj Bupati Tapteng Elfin Elyas Nainggolan. Hadir sebagai tokoh masyarakat Tapteng yang juga mantan Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani bersama Ketua GAMKI Sumut Darwin Sitompul.

Kemudian, Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani, Ketua TP PKK Tapteng Ny Catherine Elfin Elyas, Ny Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani, Ketua DPRD Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu, Ketua DPRD Kota Sibolga Ahmad Syukri Penarik, Wakil Ketua DPRD Tapteng Willy Sahputra Silitonga, mewakili Kapolres Tapteng, Dandim 0211/TT, serta para pimpinan OPD Tapteng. (red)