4 Siswa SMP Tapteng Lolos Ikuti Olimpiade Sains Nasional Tingkat Nasional Tahun 2023

Kantong Berita, TAPTENG-Kabupaten Tapanuli Tengah berbangga hati karena memiliki 4 siswa SMP yang berhasil lolos untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat nasional tahun 2023.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Diadikbud) Kabupaten Tapanuli Tengah Boy Rahman Hasibuan mengatakan keempat siswa berprestasi ini akan mewakili Provinsi Sumatera Utara dalam kompetisi bergengsi yang akan diselenggarakan di Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada tanggal 27 Agustus hingga 2 September mendatang.

Adapun keempat siswa tersebut, Amir Zaki Parlaungan Napitupulu (Jurusan IPA), Fisilmy Kaffah Pasaribu (Jurusan IPS), Jihan Najla Yasveva Tambunan (Jurusan IPS) dari SMP Swasta Al-Muslimin Pandan kelas IX. Kemudian, Nadine Orina Tampubolon, siswa kelas IX (Jurusan IPS) dari SMP Negeri 2 Pandan Nauli.

Boy mengungkapkan bahwa para siswa tersebut telah melewati seleksi ketat pada OSN tingkat Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 26 Juni 2023 untuk jurusan IPA dan 27 Juli 2023 untuk jurusan IPS.

“Dari 18 peserta yang mewakili Provinsi Sumatera Utara, kita bangga memiliki empat siswa dari Tapteng. Kami berharap mereka mampu meraih medali untuk Kabupaten Tapanuli Tengah,” kata Boy didampingi Kepala Sekolah SMP Swasta Al-Muslimin, Hj. Siti Nuraisyah, Kepala Sekolah SMPN 2 Pandan Nauli, Nur Ekvan Santoso, dan guru pendamping Marsih Halawa.

Untuk memastikan persiapan yang matang jelas Boy, pihak sekolah akan melakukan karantina dan memberikan pelatihan intensif kepada keempat siswa sebelum berangkat ke Bogor.

“Saya ingin melihat semangat dan kesiapan dalam menghadapi OSN tingkat nasional ini. Persiapkan diri kalian sebaik mungkin dan tunjukkan bahwa anak-anak Tapteng bisa bersaing dengan yang terbaik,” ungkapnya.

Selain memberikan semangat, Boy juga memberikan dukungan finansial berupa uang jajan kepada keempat siswa tersebut.

Mantan Kadis Sosial Kabupaten Tapanuli Tengah ini juga menyampaikan terima kasih kepada kepala sekolah dan guru-guru yang telah mendidik mereka hingga berhasil melangkah ke OSN tingkat nasional.

“Semoga keempat siswa ini menjadi pelopor bagi anak-anak Tapteng lainnya untuk berprestasi di bidang sains dan membawa nama harum Tapteng ke tingkat nasional dan internasional. Selamat berjuang dan semoga sukses,” pungkasnya. (red)