MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

Arus Balik Penumpang Nias-Sibolga H+5 Masih Tinggi

Kantong Berita, SIBOLGA – Jumlah penumpang yang kembali dari Kepulauan Nias ke Sibolga pada H+5 setelah momen Natal dan Tahun Baru masih cukup tinggi, demikian disampaikan oleh Plh. KaUPT Pelabuhan ASP Sibolga, Yon Moelyadi, yang memperkirakan angka tersebut akan tetap tinggi hingga pertengahan bulan Januari.

“Pada Rabu (6/1), arus balik dari Gunung Sitoli dengan KMP. Ono Niha mengangkut sebanyak 492 penumpang, yang masih tergolong tinggi. Kami memperkirakan angka tersebut akan bertahan hingga pertengahan bulan ini,” ujarnya.

Yon juga menyatakan bahwa pembatasan jumlah penumpang masih diberlakukan, dengan hanya 50% dari kapasitas armada yang diizinkan. Akibatnya, banyak penumpang yang tidak terakomodasi dan terpaksa harus bermalam di sekitar Pelabuhan. Selain itu, penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) juga tetap menjadi prioritas, di mana setiap penumpang diwajibkan membawa surat hasil rapid test dan mengenakan masker selama pelayaran.

“Hanya 50% dari kapasitas kapal yang diizinkan untuk diangkut. Karena itu, banyak penumpang yang tidak terakomodasi. Prokes tetap menjadi perhatian utama kami, dengan persyaratan pembawaan surat hasil rapid test dan penggunaan masker yang wajib. Mereka yang tidak mematuhi ketentuan tersebut tidak akan diizinkan untuk berangkat,” jelasnya.

Yon juga menyebutkan bahwa KMP. Lawit, sebagai Tol Laut, memberikan bantuan dengan menampung penumpang yang tidak terakomodasi.

“KMP. Lawit, yang bersandar pada tanggal 23 Desember, sangat membantu dengan menampung semua penumpang yang tidak terakomodasi, yang jumlahnya mencapai ribuan orang menuju Nias. Pada tanggal 3 Januari lalu, mereka juga membawa sekitar 3000 orang dari Nias ke Sibolga. Dengan demikian, tidak ada lagi penumpang yang terlantar di pelabuhan,” tambahnya.

Di sisi lain, arus keberangkatan dari Sibolga ke Nias hingga H+5 terbilang sepi.

“Pada hari sebelumnya, KMP. Belanak hanya membawa 182 penumpang, padahal kapasitasnya adalah 400 orang. Dengan demikian, tidak ada penumpang yang tidak terakomodasi,” pungkasnya.