MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

Bank Indonesia Buka Kas Penukaran Uang Pecahan Kecil dan Pasar Murah

Foto : Pembukaan SERAMBI Ramadan 2024 ditandai dengan pemukulan alat musik tradisional Tagading.

kantongberita.com, SIBOLGA | Bank Indonesia membuka layanan kas penukaran uang pecahan kecil, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1445 H.

Di Sibolga, kegiatan penukaran uang kecil ini digelar oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga di lapangan Simaremare, bekerjasama dengan Pemerintah Kota Sibolga, Bulog dan Perbankan.

Selain penukaran uang, kegiatan SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah IdulFitri) ini juga menggelar pasar murah.

Kegiatan ini direncanakan akan digelar mulai Senin (18/3/2024) hingga Kamis (21/3/2024).

Adapun tema kegiatan yang diusung pada tahun ketiga ini “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah” yang bertujuan untuk memastikan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah layak edar dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai.

“Melalui kegiatan ini, kami juga ingin menyampaikan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir tentang ketersediaan uang rupiah selama periode RAFI 2024. Bank Indonesia Sibolga akan menyediakan Rp1,54 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bertransaksi selama Bulan Ramadhan,” kata Kepala Perwakilan BI Sibolga, Yuliansah Andrias.dalam sambutannya.

Yuliansah juga menjelaskan cara mendapatkan uang pecahan kecil pada kegiatan SERAMBI ini. Terlebih dahulu, mendaftar lewat website: https://pintar.bi.go.id.

Bagi masyarakat yang belum sempat hadir, jangan khawatir Bank Indonesia juga menyediakan alternatif lainnya untuk memudahkan masyarakat dalam hal penukaran rupiah ini.

Bank Indonesia juga telah bekerja sama dengan perbankan untuk menyediakan 10 titik penukaran yang tersebar di Kota Sibolga hingga akhir Bulan Ramadhan.

Sementara, untuk kegiatan pasar murah, Bank Indonesia bekerja sama dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Sibolga.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menjaga stabilitas harga selama RAFI 2024 dengan menjaga ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga.

Sebagaimana diketahui, periode RAFI 2024 biasanya menjadi momentum kenaikan permintaan terhadap barang dan jasa.

Harapannya, Pasar Murah ini menjadi salah satu upaya yang mampu menjaga stabilitas harga di tengah tingginya permintaan.

Adapun jenis komoditas yang dijual dalam Pasar Murah tersebut adalah beras, gula pasir, minyak goreng, dan berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya.

“Selama Bulan Ramadhan, TPID Kota Sibolga berencana untuk melaksanakan Pasar Murah setidaknya 2 kali hingga menjelang Idul Fitri,” ungkap Yuliansah sembari mengimbau Masyarakat untuk dapat berbelanja secara bijak dan wajar, agar ketersediaan pasokan terjaga dan harga terjangkau.

Pada kegiatan ini juga terdapat pameran produk-produk UMKM yang menarik untuk mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia sekaligus mendorong digitalisasi QRIS di kalangan masyarakat Kota Sibolga.

Bank Indonesia juga mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi pembayaran secara non tunai di antaranya QRIS, serta mendorong Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) untuk memperkuat layanan infrastruktur dalam menghadapi peningkatan transaksi di bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445 H.

Sejalan dengan itu, BI menempuh langkah strategis guna memastikan kelancaran sistem pembayaran non tunai, memastikan kesiapan (ketersediaan dan keandalan) sistem dan layanan kritikal BI untuk menjamin keberlangsungan operasional sistem pembayaran yang diselenggarakan BI (tunai dan nontunai), termasuk memantau sistem peserta dalam memberikan pelayanan transaksi pembayaran.

Pembukaan Kegiatan SERAMBI 2024 ditandai dengan pemukulan alat musik tradisional Tagading oleh KPw Bank Indonesia Sibolga Yuliansah, Sekda Kota Sibolga serta jajaran Forkopimda Kota Sibolga.

Kemudian, juga dilakukan pelepasan mobil kas keliling yang akan melayani masyarakat dalam penukaran uang pecahan kecil. (ril/red)