Benda Mirip Granat Nanas Ditemukan di Tapanuli Tengah

  • Bagikan

Kantong Berita, TAPTENG-Geger penemuan benda mirip granat tangan yang terpendam di dalam tanah di Desa Anggoli Kecamatan Sibabangun, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Benda sebesar buah bacang tersebut ditemukan pertama kali oleh tukang gali dari PT. Global Karya Wanda bernama Asiman (43), Kamis (28/1), sekitar pukul 11.00 WIB.

Warga Dusun 19 Desa Mulia Rejo, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang, mengatakan, saat itu dia sedang menggali jalur kabel optik Telkom di depan Masjid Taqwa Muhammadiyah Desa Anggoli.

Baca Juga :   Rampung Dibangun Jokowi Sejak 2019, Jalan Rampah-Poriaha Masih Gelap Gulita

Dia menduga benda mirip granat yang ditemukannya tersebut merupakan sisa dari perang kemerdekaan Indonesia.

“Saya lagi gali tanah untuk jalur kabel optik Telkom,” ujarnya.

Beruntung saat ditemukan, granat tersebut tidak meledak. Karena, alat gali yang dipakainya sejenis dodos, berbahan besi yang digunakan. Saat menggali, dia sempat menghantam bagian bawah benda mirip granat tersebut. Belum diketahui apakah masih aktif atau tidak.

“Serasa menyentuh benda keras. Setelah mengeluarkannya saya terkejut,” tukasnya.

Baca Juga :   Resmikan Gedung Baru Dinas Kesehatan, Bupati Tapteng; Tingkatkan pembinaan, pelayanan, pengendalian dan pengawasan kepada masyarakat

Saat ditemukan, kondisi granat sudah berkarat dan berbalut tanah, serta berwarna kekuning-kuningan.

Salah seorang warga yang tidak mau menyebutkan namanya mengatakan jika benda tersebut adalah granat peninggalan zaman perang dahulu.

“Utuh namun berkarat,” ungkapnya.

Kapolsek Sibabangun, Iptu Della Antomi, yang dikonfirmasi wartawan membenarkan penemuan benda mirip granat nanas oleh penggali.

Katanya, benda tersebut telah disimpan ditempat yang aman.

“Menunggu tim Jibom datang, benda tersebut telah kita evakuasi ke tempat yang aman,” kata Kapolsek. (ril/red)

  • Bagikan