MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

Benda Mirip Granat Nanas Ditemukan di Tapanuli Tengah

Kantong Berita, TAPTENG – Heboh terjadi setelah ditemukannya sebuah objek yang menyerupai granat tangan yang tersembunyi di dalam tanah di Desa Anggoli, Kecamatan Sibabangun, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Benda berukuran sebesar buah bacang tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang tukang gali dari PT. Global Karya Wanda bernama Asiman (43), pada hari Kamis (28/1) sekitar pukul 11.00 WIB.

Asiman, yang merupakan warga Dusun 19 Desa Mulia Rejo, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang, menjelaskan bahwa saat itu dia sedang melakukan penggalian untuk jalur kabel optik Telkom di dekat Masjid Taqwa Muhammadiyah Desa Anggoli.

Dia menduga bahwa objek yang menyerupai granat yang ditemukannya tersebut mungkin merupakan sisa-sisa dari masa perang kemerdekaan Indonesia.

“Saya sedang menggali tanah untuk jalur kabel optik Telkom,” ungkapnya.

Keberuntungan berpihak pada saat objek tersebut ditemukan karena tidak mengalami ledakan. Hal ini disebabkan karena alat gali yang digunakan oleh Asiman terbuat dari besi yang cukup kuat. Saat melakukan penggalian, ia secara tidak sengaja mengenai bagian bawah objek yang menyerupai granat tersebut. Namun, belum diketahui apakah objek tersebut masih aktif atau tidak.

“Saya merasakan benda keras saat menggali. Setelah mengeluarkannya, saya sangat terkejut,” tambahnya.

Ketika ditemukan, objek tersebut dalam kondisi berkarat dan tertutup oleh lapisan tanah, serta memiliki warna kekuningan.

Seorang warga setempat yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan bahwa objek tersebut mungkin merupakan granat yang berasal dari masa perang dahulu.

“Objek tersebut masih utuh tetapi sudah berkarat,” ujarnya.

Kapolsek Sibabangun, Iptu Della Antomi, yang dihubungi oleh wartawan, membenarkan penemuan objek yang menyerupai granat oleh penggali tersebut.

Dia menjelaskan bahwa objek tersebut telah dipindahkan ke tempat yang aman menunggu kedatangan tim Jibom.

“Objek tersebut telah kami evakuasi ke lokasi yang aman, dan sedang menunggu tim Jibom untuk menangani lebih lanjut,” kata Kapolsek.