MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

BESTIE QRIS 2024 Kolaborasi BI dengan Pemko Sibolga menuju Sibolga Smart City

Foto : Bank Indonesia Sibolga bersama jajaran Pemko Sibolga dalam acara BESTIE QRIS 2024.

kantongberita.com, SIBOLGA | Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga bersama Pemerintah Kota Sibolga berkolaborasi menggelar kegiatan yang bertujuan untuk terus mendorong dan mengakselerasi digitalisasi pembayaran di Kota Sibolga dengan mengajak pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Sibolga sebagai role model, sekaligus duta edukasi digitalisasi kepada seluruh lapisan Masyarakat.

Kegiatan tersebut yakni BESTIE QRIS 2024, yang mengusung tema “Sibolga Kota Tacinto Digitalisasi Jadi Tabiaso”, yang digelar di lapangan Simaremare, Sabtu (24/2/2024).

Beragam kegiatan yang digelar pada acara tersebut, diataranya:

1. Showcasing Booth Produk – Produk digitalisasi Bank Indonesia dengan kegiatan sosialisasi dan edukasi kanal pembayaran digital berupa Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS), dan sosialiasi Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah (CBPR), serta booth Pemerintah Kota Sibolga, dan seluruh perbankan di Kota Sibolga,

2. Showcasing Booth UMKM binaan Bank Indonesia dan Pemerintah Kota Sibolga,

3. Pasar Murah sinergi antara Bank Indonesia, Pemerintah Kota Sibolga, dan Bulog dalam upaya pengendalian inflasi di Kota Sibolga jelang Hari Besar Keagamaan Ramadhan Tahun 2024,

4. BESTIE QRIS Fun Walk yang diikuti oleh 1.000 peserta baik di lingkungan Pemerintah Kota Sibolga maupun masyarakat yang di buka oleh Sekda Kota Sibolga bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sibolga.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengalaman masyarakat dalam bertransaksi menggunakan kanal digital khususnya QRIS, maka di luncurkanlah program BESTIE QRIS Challenge oleh Bank Indonesia kepada seluruh pegawai Pemerintah Kota Sibolga.

Di harapkan dengan program ini dapat mendorong percepatan dan perluasan penggunaan transaksi digital pada pelayanan di lingkungan Pemerintah Kota Sibolga yang secara langsung akan memberikan dampak positif bagi peningkatan Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) Kota Sibolga.

Kegiatan ini bukan kali pertama digelar, sebelumnya pada 11 Desember 2023 juga pernah digelar kegiatan serupa yang disebut dengan High Level Meeting (HLM) Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).

Dimana saat itu, rapat dipimpin oleh Walikota Sibolga Jamaluddin Pohan selaku ketua TP2DD, yang dihadiri oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga yaitu Bapak Yuliansah Andrias selaku wakil ketua TP2DD, Sekretaris Daerah Kota Sibolga selaku ketua harian TP2DD, seluruh Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), serta pimpinan PT. Bank Sumut cabang Kota Sibolga selaku Bank RKUD Kota Sibolga.

Adapun pada HLM tersebut telah dihasilkan berbagai strategi dan upaya yang akan ditempuh oleh TP2DD Kota Sibolga. Salah satunya adalah komitmen dari PT. Pelindo I Kota Sibolga untuk melaksanakan Elektronifikasi Pembayaran Digital di Pelabuhan, untuk terus mendorong peningkatan penggunaan dan perluasan kanal digitalisasi baik di lingkungan Pemerintah Kota maupun Masyarakat Kota Sibolga untuk mencapai Sibolga Smart City.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sibolga Yuliansah Andrias menyampaikan ucapan apresiasi dan terima kasih kepada Walikota Sibolga dan seluruh jajaran Pemerintah Kota Sibolga atas dukungan yang diberikan selama program BESTIE QRIS 2024.

Pada kesempatan tersebut, Yuliansah juga mengajak Pemerintah Kota Sibolga, perbankan, dan masyarakat untuk terus mendorong percepatan dan perluasan penggunaan kanal transaksi digital khususnya QRIS di wilayahnya melalui program-program ETPD.

Pemerintah Kota Sibolga yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Muhammad Yusuf Batubara menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Bank Indonesia Sibolga atas peran dan dukungannya dalam membantu digitalisasi di Kota Sibolga.

“Kami berharap sinergi yang telah terjalin baik selama ini antara Pemerintah Kota Sibolga dengan Bank Indonesia dapat terus ditingkatkan yang salah satunya melalui program BESTIE QRIS 2024. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan perekonomian daerah yang pada akhirnya akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Sibolga Smart City,” kata Yusuf. (ril/red)