MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

BI Sibolga Siapkan Rp26 Milyar Uang Pecahan Kecil Jelang Idul Fitri 1444 H

BI Sibolga Siapkan Rp26 Milyar Uang Pecahan Kecil Jelang Idul Fitri 1444 H
Foto : Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan melepas mobil kas keliling penukaran uang pecahan kecil.

Kantong Berita, SIBOLGA-Guna memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1444 H, mulai tanggal 28 Maret-20 April 2023, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga bekerja sama dengan perbankan menyediakan layanan penukaran uang di 83 titik layanan penukaran di Bank yang tersebar di 16 Kabupaten/Kota wilayah kerja BI Sibolga.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Bank Indonesia menyiapkan uang tunai sebesar Rp1,9 triliun. Jumlah tersebut meningkat 6% dari realisasi tahun 2022.

Antisipasi kenaikan ini mempertimbangkan pencabutan status Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik serta peningkatan mobilisasi masyarakat.

BI juga mengajak masyarakat mengoptimalkan pembayaran transaksi non tunai guna mendukung ekonomi dan keuangan digital.

Sementara itu, di luar 83 titik layanan penukaran di perbankan tersebut, Bank Indonesia bekerjasama dengan 10 Bank wilayah Kota Sibolga dan Kota Padang Sidimpuan, yang akan melakukan layanan penukaran uang bersama.

Untuk Kota Sibolga, bertempat di pelataran parkir Masjid Agung Kota Sibolga, yang akan dilaksanakan pada 28-31 Maret 2023, dimulai dari pukul 9.00 WIB-pukul 15.00 WIB.

Sedangkan, untuk di wilayah Tapanuli Bagian Selatan akan diselenggarakan pada tanggal 10-14 April 2023 di Pelataran ATC Mall Kota Padangsidimpuan.

Sehubungan dengan kegiatan diatas, BI dan Perbankan menyediakan modal kerja berupa Uang Pecahan Kecil (UPK) sebesar Rp26 Miliar terdiri dari uang pecahan Rp1.000-Rp20.000.

Khusus untuk layanan penukaran uang bersama, masyarakat diharapkan memesan terlebih dahulu melalui website pintar.bi.go.id.

Bagi 100 pendaftar pertama setiap harinya, BI menyediakan souvenir menarik.

Semua program tersebut terpadu dalam SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri) 2023 yang pagi ini diluncurkan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sibolga, Yuliansah Andrias.

“SERAMBI merupakan rangkaian kegiatan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah dan layanan kas kepada masyarakat periode Ramadan dan Idul Fitri 2023,” kata Yuliansah dalam sambutanya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan BI Sibolga, menyampaikan tiga framework BI dalam melakukan pengelolaan uang rupiah yang dioptimalkan menjelang hari raya.

Pertama, ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya. Kedua, sistem distribusi uang yang efisien dengan layanan kas prima dan yang ketiga adalah infrastruktur.

Tak hanya itu, Yuliansah juga mengajak masyarakat untuk “Cinta, Bangga, Paham Rupiah”.

Implementasi cinta dengan merawat Uang Rupiah, bangga menggunakan Uang Rupiah, dan Paham, yaitu dengan menggunakannya secara bijak.

BI juga mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi pembayaran secara non tunai diantaranya QRIS, memperluas kepesertaan BI-FAST termasuk kanal layanan dan akseptasi masyarakat, serta mendorong Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) untuk mempersiapkan infrastruktur guna menghadapi peningkatan transaksi di bulan Ramadan dan Idul Fitri 1444 H.

Sejalan dengan itu, BI menempuh langkah strategis guna memastikan kelancaran sistem pembayaran non tunai. BI memastikan kesiapan (ketersediaan dan keandalan) sistem dan layanan kritikal BI untuk menjamin keberlangsungan operasional sistem pembayaran yang diselenggarakan BI (tunai dan nontunai), termasuk memantau sistem peserta dalam memberikan pelayanan transaksi pembayaran.

BI mengajak masyarakat untuk berperilaku belanja bijak dan mencermati ciri-ciri keaslian Uang Rupiah dengan senantiasa menerapkan 3D (dilihat, diraba dan diterawang).

“Belanja bijak diwujudkan dengan belanja sesuai kebutuhan (tidak berlebihan, memastikan kualitas setara dengan harga, dan tidak menimbun pembelian), belanja produk dalam negeri (khususnya produk UMKM), dan mengalokasikan dana secara tepat (berhemat dan menabung),” ungkap Yuliansah.

Adapun Tema Ramadan/Idul Fitri yang diusung tahun ini merefleksikan ajakan tersebut, yakni “Serambi Rupiah Ramadhan : Belanja Bijak”.

Hadir pada acara SERAMBI Bank Indonesia tersebut, Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan, Kapolres Sibolga AKBP Taryono, Dandim 0211/TT, Dandenpom I/2 serta perwakilan Korem 023/KS. Kakan Kemenag Sibolga, Ketua MUI Sibolga dan sejumlah pimpinan Perbankan yang ada di Kota Sibolga.

Pada kesempatan tersebut, sebelum melepas secara langsung Mobil kas keliling penukaran uang kecil, Wali Kota Sibolga bersama Kepala KPw BI Sibolga menekan tombol dimulainya Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI).

Sebelumnya, Wali Kota dan Kepala KPw BI Sibolga berkesempatan menukar uang pecahan kecil secara simbolis pada mobil kas keliling BI, setelah sebelumnya keduanya telah mendaftar melalui website pintar.bi.go.id. (red)