Bupati Tapteng Serahkan Bantuan Usaha Kepada Pelaku UKM

  • Bagikan
Foto : Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Kadis Koperasi dan UKM Tapteng Samrul Hutabarat menyerahkan bantuan usaha secara simbolis kepada pelaku UKM di halaman kantor Bupati Tapteng.

Kantong Berita, TAPTENG-Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani menyerahkan bantuan usaha kepada pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), Rabu (5/1/2022).

Bantuan yang diserahkan secara simbolis dihalaman kantor Bupati Tapanuli Tengah tersebut berasal dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara yang ditujukan bagi nelayan.

“Ini bantuan dari dinas koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2021. Masyarakat dapat 9 paket untuk nelayan. 1 paket terdiri dari 2 fiber, 1 set jaringan dan 1 JPS. Kemudian, ada 5 pompa air untuk pengusaha (tambak) lele dan doorsmeer juga,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tapteng Samrul Hutabarat dalam keteranganya usai penyerahan bantuan.

Baca Juga :   Resmikan Gedung Baru Dinas Kesehatan, Bupati Tapteng; Tingkatkan pembinaan, pelayanan, pengendalian dan pengawasan kepada masyarakat

Selain itu, masih ada bantuan lain yang akan diserahkan kepada pelaku usaha bidang kuliner.

“Kemudian masih ada lagi barang-barang bantuan yang kecil-kecil. Ada mixer untuk UKM kuliner, kemudian ada juicer, alat pengiris, oven untuk membakar kue,” ungkapnya.

Samrul mengaku akan berupaya untuk memperoleh lebih banyak lagi bantuan Provinsi, yang nantinya akan diberikan kepada para pelaku UKM lainnya. Dengan harapan roda ekonomi masyarakat Tapanuli Tengah bisa lebih baik.

“InsyaAllah tahun 2022 makin banyak lagi bantuan untuk Kabupaten Tapanuli Tengah. Berharap kepada masyarakat UKM-UKM ini bisa berusaha dengan maksimal sehingga bisa memenuhi kebutuhan hidup keluarga dan juga bisa memenuhi kebutuhan anak-anak sekolah. Seperti program-program pemerintah, UKM kita bisa naik kelas,” pungkasnya.

Baca Juga :   Bupati Tapteng Beri Bantuan 2,37 Ton Beras dan Uang Tunai Kepada 237 Petugas Kebersihan

Diketahui, bantuan tersebut merupakan bantuan perorangan, sesuai dengan proposal yang sebelumnya disampaikan ke Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara.

Adapun jenis-jenis UKM yang memperoleh bantuan diantaranya, usaha kuliner, nelayan, perikanan darat dan Doorsmeer.

Dari data yang diperoleh, bantuan Mesin Genset yang diberikan sebanyak 1 unit, Oven 1 unit, tabung gas 3 Kg 1 unit dan mixer 2 unit. Kemudian, mesin pengiris 4 unit, juecer 11 unit, GPS 9, Box Fiber 9, jaring 9 dan pompa air 5 unit. (red)

  • Bagikan