Dokter UE Kini Dirawat di Rumah, Kadis Kominfo Sibolga; Direktur RS FL Tobing Sebut Pasien Positif Covid-19 Bisa Isolasi Mandiri

Kantong Berita, SIBOLGA – Oknum dokter dengan inisial UE, yang bekerja di Rumah Sakit Umum Dr. FL. Tobing Sibolga dan diduga terinfeksi Covid-19 berdasarkan hasil Swab, kini tidak lagi dirawat di fasilitas rumah sakit tersebut. Saat ini, dokter muda tersebut sedang menjalani perawatan di rumahnya atas permintaan keluarganya.

Informasi tersebut disampaikan oleh Kadis Kominfo Sibolga, Binner Lumban Gaol, sebagai juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Sibolga di ruang kerjanya pada Selasa (7/7).

Binner menjelaskan bahwa awalnya dokter UE diisolasi di rumah sakit, namun kemudian keluarganya membawanya pulang dari rumah sakit. Saat ini, dokter tersebut menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

Meskipun isolasi mandiri itu sesuai dengan permintaan keluarga, Binner menegaskan bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan prosedur operasional standar (SOP) dalam penanganan pasien Covid-19.

“Biasanya, keluarga seharusnya bersedia menyerahkan pasien kepada pihak rumah sakit untuk menentukan perawatan yang sesuai,” ujarnya.

Namun, menurut penjelasan dari Direktur RSU DR FL Tobing Sibolga, pasien yang positif Covid-19 dapat menjalani isolasi mandiri atau dirawat di rumah sendiri.

“Berdasarkan informasi dari Direktur RSU DR FL Tobing, isolasi mandiri di rumah diperbolehkan. Itu yang disampaikan oleh Direktur Rumah Sakit,” tegas Binner.