banner 728x250

Hadir di Natal GAMKI, Bupati Tapteng Ajak Masyarakat Jaga Keberagaman

Foto : Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani bernyanyi bersama Ketua DPD GAMKI Sumut, Darwin Sitompul dan beberapa orang pengurus GAMKI Tapteng di acara perayaan Natal GAMKI Tapteng di GOR Pandan.

Kantong Berita, TAPTENG-Perayaan Natal bersama keluarga besar Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Kabupaten Tapanuli Tengah digelar di Gedung Olahraga (GOR) Pandan, Minggu (19/12/2021).

Adapun Thema yang diusung pada Natal tersebut diambil dari Matius 5:14, kamu adalah terang dunia. Dengan Sub thema, dengan perayaan natal GAMKI Tapanuli Tengah, Pemuda-pemudi menjadi terang dan teladan serta pemersatu kaum muda Gereja untuk semakin maju, berakhlak mulia, sejahtera dalam mendukung program Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah.

Hadir sebagai pengkhotbah pada kesempatan tersebut, Pdt. Abed Nego Silitonga Sth, MM, yang merupakan praeses HKI.

Usai ibadah Natal, hadir pada acara umum, Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani bersama Ketua DPRD Khairul Kiyedi Pasaribu dan Wakil Ketua DPRD Tapteng Willy Syahputra Silitonga.

Mengawali sambutannya, Bupati Tapteng mengucap syukur atas terpilihnya Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul sebagai Ketua GAMKI Sumatera Utara. Karena menurutnya, sebuah kebanggaan putra terbaik Tapteng mampu memimpin sebuah organisasi di tingkat Provinsi.

“Saat ini wakil bupati terpilih menjadi ketua GAMKI Sumatera Utara, menunjukkan kebanggaan, bukan hanya keluarga besar GAMKI Tapteng melainkan seluruh masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah. Ada Putra terbaiknya bisa memimpin organisasi sekelas provinsi Sumatera Utara. Saya gak pernah mencampuri GAMKI Sumut, tapi mendukung kawan saya, iya. Bagaimana pun kawan saya harus menang. Karena bisa membawa kebanggan di Kabupaten Tapanuli Tengah,” kata Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati mengajak masyarakat untuk selalu menghargai setiap perbuatan baik orang lain tanpa harus membedakan agama, suku atau ras.

“Yang paling salah dalam kehidupan ini adalah, ketika orang berbuat baik, kita keberatan. Sementara kita gak sanggup berbuat seperti itu,” ungkapnya.

Menurut Bupati, kerukunan umat beragama di Kabupaten Tapanuli Tengah telah terjaga baik sejak dulu. Bakhtiar masih mengenang masa kecilnya dulu, dimana saat itu mereka hidup harmonis dengan warga yang beragama lain.

“Dijaman saya sekolah, rumah saya di Barus, didepan rumah saya, ada rumah Pendeta. Ada Pendeta Tambunan namanya, sekarang tugas di Medan. Istilah kami disana ‘Pendeta kami’. Padahal kami muslim, ‘Pendeta kami’ dibilang. Itu menunjukkan tidak ada perbedaan. Wakil Bupati ini, kiri kanannya itu umat Islam. beliau mencalonkan diri menjadi anggota dewan, banyak umat Islam yang memilih beliau. Waktu saya berpidato di acara di Sosorgadong, ada yang me WA saya, jangan kau jual agamamu. Saya bilang, saya Bupati, ini Wakil Bupati, bukan Bupati umat Islam saja, melainkan Bupati seluruh agama di Kabupaten Tapanuli Tengah. Ketegasan itu harus jelas, gak bisa ragu-ragu,” pungkasnya.

Begitu juga dengan Negara ini kata Bupati, mampu merdeka dari jajahan bangsa lain, karena keberagaman. Untuk itu, perlu dijaga dengan baik, jangan sampai rusak hanya karena isu perbedaan.

“Kita bisa merdeka karena keberagaman itu sendiri. Tanpa kebersamaan kita ini hancur.
Berapa banyak ulama, ustadz, anak pesantren, pendeta, orang cina yang tidak beragama sekali pun, Tokoh-tokoh bersatu untuk memerdekakan bangsa ini. Jangan kita terpecah belah hanya gara-gara isu agama,” imbuhnya.

Sama halnya dengan kekompakan Bupati dengan Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, meski berbeda agama, tapi tetap langgeng hingga menjelang akhir masa jabatan.

“Jabatan ini, mau besok pagi, malam ini. Saya selalu sampaikan kepada beliau (wakil bupati), kita ini dilahirkan dan berteman bukan karena jabatan. Tapi karena persaudaraan. Tidak ada hal yang paling indah daripada persaudaraan. Jabatan ini akan berakhir. Kalau karena jabatan saudara berteman, kalau karena jabatan saudara berkawan, jabatan akan berakhir, tapi persahabatan, berkawan lah dari hati yang paling dalam,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Tapteng, Khairul Kiyedi Pasaribu dalam sambutannya berharap, kehadiran GAMKI di tengah-tengah masyarakat Tapteng mampu memberikan nilai positif.

“Karena dijaman globalisasi ini, jaman teknologi yang maju ini, sangat banyak pemuda yang telah terkontaminasi dengan tindakan-tindakan yang tidak baik. Jadi, kami berharap kedepannya GAMKI ini dapat memberikan perubahan yang baik. Apalagi saat ini narkoba ada di mana-mana,” ujar Kiyedi.

Menanggapi itu, Ketua GAMKI Tapteng yang telah terpilih sebagai ketua DPD GAMKI Sumut, Darwin Sitompul berjanji akan membawa GAMKI kearah yang lebih baik.

“Kami mohon dukungan Pemkab (Tapteng) dan kami akan memberi hal positif kepada Pemkab dan masyarakat. Mari tunjukkan, GAMKI peduli lingkungan, bisa menjadi contoh khususnya di tengah-tengah Gereja,” kata Darwin sembari memohon doa kepada seluruh kader GAMKI, semoga kekompakannya sebagai Wakil Bupati Tapteng dengan Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani terus terjaga baik. (red)