Pilkades Aman, Bupati Tapteng Tegaskan Tak Ada Intervensi

Foto : Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani saat monitoring Pilkades di Kecamatan Badiri.

Kantong Berita, TAPTENG – Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani, melakukan pemantauan langsung terhadap proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada hari Senin (20/12/2021).

Pilkades yang dilaksanakan di 85 desa berjalan dengan lancar. Salah satu wilayah yang dikunjungi oleh Bupati bersama Wakilnya, Darwin Sitompul, Dirnarkoba Poldasu, Kapolres Tapteng, Dandim 0211/TT, dan Karumkit Bhayangkara Medan adalah Kecamatan Badiri, di mana terdapat 4 desa yang menggelar Pilkades.

Kehadiran rombongan Bupati disambut oleh Camat Badiri, Agus Harianto, S.STP, Kapolsek Pinangsori Iptu K Hutagalung, dan Danramil 04 Pinangsori Kapten CHB F Sitompul.

Dalam pernyataannya, Bupati menekankan bahwa proses Pilkades di Tapanuli Tengah berlangsung sesuai dengan prinsip demokrasi tanpa ada campur tangan dari Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah atau dirinya sendiri sebagai Bupati.

“Saya pastikan bahwa proses Pilkades ini berjalan sesuai dengan prinsip demokrasi tanpa ada campur tangan, baik dari saya sebagai Bupati maupun dari Pemkab Tapanuli Tengah. Peran Pemerintah Daerah hanya sebatas memfasilitasi pelaksanaan pemilihan, sedangkan penentuan pilihan sepenuhnya menjadi hak masyarakat. Oleh karena itu, mari kita hindari penyebaran hoaks yang menyebutkan adanya campur tangan dari Bupati atau Pemkab Tapteng, yang dapat memicu kekhawatiran masyarakat,” tegas Bupati.

Bupati juga mengimbau kepada pemenang Pilkades untuk bekerja dengan baik demi kepentingan masyarakat serta untuk mempersatukan seluruh lapisan masyarakat desa.

“Kita harus menghindari terbentuknya kelompok-kelompok yang dapat merugikan masyarakat desa itu sendiri dan menghambat proses pembangunan. Kehadiran kelompok-kelompok tersebut akan menimbulkan pro dan kontra. Karena Pilkades telah usai, saatnya kita saling mendukung dan berkontribusi secara positif untuk kemajuan desa masing-masing,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tapteng, Hendri Haluka Sitinjak, yang diberi tugas oleh Bupati untuk memantau pelaksanaan Pilkades, juga menyampaikan hal yang serupa.

“Kami masih berada di desa-desa sesuai dengan perintah Bapak Bupati untuk terus melakukan pengawasan dan pemantauan. Kami bersyukur karena proses Pilkades di Tapteng hari ini berjalan dengan aman dan terkendali. Ini tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara Bapak Bupati dengan semua pihak. Bapak Bupati terus memantau dan memberikan instruksi kepada kami agar proses Pilkades berlangsung secara demokratis tanpa campur tangan,” ungkap Hendri.

Sebelumnya, Bupati Tapteng telah melakukan upaya pencegahan dengan berkomunikasi dengan para Calon Kepala Desa (Cakades) yang dianggap memiliki potensi untuk menimbulkan kerusuhan.

Bupati bahkan mengajak para Cakades untuk saling mendukung demi mencapai tujuan bersama.

Berkat pendekatan dan komunikasi yang dilakukan oleh Bupati, beberapa desa yang dianggap memiliki potensi konflik bisa bersatu. Bahkan, para Cakades saling mendukung untuk menjaga kedamaian dalam pelaksanaan Pilkades. (ril)