banner 728x250

Hati-hati Melintas dari Batas Kota Sibolga Hingga Batas Kota Tarutung dan Batangtoru, Sedang Dilakukan Preservasi Jalan

Foto : Preservasi jalan yang sedang dilakukan di daerah Pinangsori Tapteng.

Kantong Berita, TAPTENG-Saat ini Pemerintah sedang memperbaiki setiap ruas jalan yang rusak, dari mulai batas Kota Sibolga hingga batas Kota Tarutung dan Batangtoru Tapanuli Selatan.

Untuk menghindari terjadinya kecelakaan, pengguna jalan diharap lebih berhati-hati saat melintas.

Menurut Meydi Putra Ramadhan, Manager Proyek CV. Roganda, perusahaan rekanan yang mengerjakan proyek pemerintah tersebut, saat ini pihaknya sedang mengerjakan ruas jalan di daerah Pandurungan, Kelurahan Pinang Baru, Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Baru 3 hari, sejak tanggal 2 (Agustus 2022) kemarin kita kerja di daerah Pinangsori. Kondisinya sekarang, bagian jalan yang rusak sudah kita kerok,” kata Meydi saat ditemui di Sibolga, Kamis (4/8/2022).

Meydi juga menjelaskan, untuk menjaga keselamatan para pengguna jalan, pihaknya melakukan pengerokan secara bertahap pada ruas jalan yang rusak.

“”Kita kerjakan bertahap. Dimana Lebar jalan yang ada sekitar 7 meter, dan yang kita laksanakan pengerokan aspal yang rusak hanya 3 meter, jadi kita sisakan 4 meter untuk kelancaran arus lalu lintas sehingga tidak membahayakan pengguna jalan,” ungkapnya,” ungkapnya.

Tak hanya itu, sebagai rekanan yang profesional, pihaknya juga kata Meydi telah menyiapkan rambu-rambu disekitar lokasi pekerjaan, sejak awal dimulainya pekerjaan.

Bahkan, jauh sebelum titik pekerjaan, mereka sudah memasang papan himbauan bagi pengguna jalan dan menempatkan seorang pekerjaan untuk mengatur arus lalu lintas.

“Sejak hari pertama kita kerja, rambu-rambu sudah kita pasang. 100 meter sebelum pekerjaan sudah kita pasang papan himbauan agar pengguna jalan waspada. Kemudian, disetiap 50 sampai 100 meter titik pekerjaan, kita pasang juga himbauan. Dan para pekerja kita juga dilengkapi dengan APD, sesuai SOP kita,” tambah Meydi.

Rencananya, bagian jalan di daerah Pinangsori yang saat ini sudah dikerok, dalam waktu dekat akan segera diaspal kembali.

“Jadi, gak kita biarkan lama-lama. Kami jadwalkan Sabtu (6/8/2022) sudah kita aspal, agar pengguna jalan lebih nyaman berkendara,” pungkasnya.

Untuk itu, Meydi mengimbau, sebelum dilakukan pengaspalan, pengguna jalan agar lebih berhati-hati saat melintas di daerah pekerjaan.

“Sampai kita aspal kembali, diharapkan pengguna jalan agar berhati-hati,” imbuhnya.

Diketahui, pengerjaan Preservasi jalan dan jembatan batas Kota Sibolga hingga batas Kota Tarutung dan Batangtoru sepanjang 105 km merupakan proyek yang dananya berasal APBN dan dikerjakan oleh CV. Roganda.

Usai dari daerah Pinangsori, perbaikan jalan direncanakan akan dilanjutkan ke daerah Sibabangun Tapteng, tepatnya di sekitar kantor Polsek Sibabangun. Setelah itu, giliran jalan SM. Raja Sibolga, tepatnya di sekitar kantor Polsek Sambas. (red)