MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

Katua Gadang HIKKBAR Bagikan Zakat dan Sedekah Kepada 1000 Orang, Anak Yatim dan Masyarakat Barus

Kantong Berita, SIBOLGA-Himpunan Kerukunan Keluarga Barus (HIKKBAR) membagikan zakat kepada anak yatim dan masyarakat Barus.

Selain zakat, masih ada sedekah dari pribadi Katua Gadang HIKKBAR, Bakhtiar Ahmad Sibarani yang juga dibagikan.

Foto : Katua Gadang HIKKBAR Bakhtiar Ahmad Sibarani membeli takjil untuk dibagikan kepada masyarakat yang ingin berbuka puasa.

Menurut Bakhtiar, pembagian zakat dan sedekah pribadinya tersebut telah menjadi agenda tahunan HIKKBAR menjelang Idul Fitri, sejak dirinya menjabat Katua Gadang.

Tahun ini katanya, zakat dan sedekah yang dibagikan kepada 1000 orang yang terdiri dari anak yatim dan masyarakat Barus.

“Ini program tahunan HIKKBAR, kali ini zakat dan sedekah pribadi kami, serta menyantuni anak yatim dari pribadi kami. 900 untuk masyarakat HIKKBAR, 100 untuk anak yatim. Jadi totalnya 1000 dan dilakukan setiap tahun di kantor HIKKBAR.
Ini setiap tahun dibagikan selama kami Katua Gadang. Dulu di kantor lama di Kotaberingin, sekarang sudah di kantor baru (jalan Pipit Sibolga),” kata Bakhtiar, Jumat (14/4/2023).

Sekilas dijelaskannya bahwa kantor HIKKBAR saat ini sedang dalam tahap pembangunan. Dimana asal tanahnya merupakan hibah dari dirinya, sedangkan dana pembangunannya merupakan hibah dari Pemko Sibolga.

“Ini lagi tahap pembangunan. Terima kasihlah kepada pak Wali Kota, dan Ketua DPRD yang telah menghibahkan dana pembangunan kantor HIKKBAR ini. Saya beli tanahnya, saya wakafkan, saya sumbangkan dan sudah balik nama menjadi punya HIKKBAR,” ungkapnya.

Mantan Bupati Tapteng ini juga menegaskan bahwa kantor HIKKBAR saat ini sudah menjadi milik seluruh masyarakat Barus. Setelah selesai dibangun tahun ini Bakhtiar mempersilahkan, bagi masyarakat Barus yang ingin bermalam atau singgah di kantor HIKKBAR.

“Ini punya masyarakat Barus, bukan punya saya lagi. Tahun ini selesai dibangun, diperuntukkan bagi orang Barus. Mana tahu ada anak Barus yang ikut lomba MTQ, main bola, anak Barus yang sakit, bisa tinggal disini. Keluarga Barus, bisa ramai-ramai tidur diatas. Itu rencana kami dari awal, selain kantor administrasi. Mendata orang Barus yang ada di Sibolga, Pandan. Karena orang Barus ini memang kompak-kompak,” pungkasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Dewan Pembina HIKKBAR Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan dan Ketua DPRD Sibolga Ahmad Syukri Nazri Penarik.

Amaran, sebelum waktu berbuka puasa, Katua Gadang bersama Dewan Pembina HIKKBAR mengunjungi pasar kuliner khusus berbuka puasa atau takjil di jalan Damai Sibolga, yang tak jauh dari kantor HIKKBAR.

Bakhtiar dan Jamaluddin kemudian membagikan takjil secara gratis kepada masyarakat yang ingin berbuka puasa. (red)