banner 728x250

Kesbangpol Tapteng Gelar Pembinaan dan Peningkatan Kerukunan Umat Beragama

Foto : Budi Joniar Siahaan, SE, MM, Kaban Kesbangpol Tapanuli Tengah mengikuti rangkaian kegiatan pembinaan dan peningkatan kerukunan umat beragama di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tapanuli Tengah Pandan, Kamis (24/3/2022).

Kantong Berita, TAPTENG-Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara menggelar kegiatan pembinaan dan peningkatan kerukunan umat beragama di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tapanuli Tengah Pandan, Kamis (24/3/2022).

Pembinaan dan peningkatan kerukunan umat beragama ini merupakan program dari Pemkab Tapanuli Tengah di bawah kepemimpinan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakilnya Darwin Sitompul.

Adapun tujuan program ini, untuk semakin meningkatkan keharmonisan dan sikap toleransi dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat yang berakhlak dalam kehidupan sehari-hari.

Budi Joniar Siahaan, SE, MM, selaku Kaban Kesbangpol Tapanuli Tengah dalam sambutannya mengatakan, peningkatan kerukunan umat beragama sangat sejalan dengan ideologi Pancasila melalui pemberdayaan dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Harapannya, kerukunan yang sudah terjalin selama ini di Tapanuli Tengah harus dipertahankan dan ditingkatkan.

Tak hanya itu, melalui program tersebut Budi juga berharap ada angin baru dalam pengelolaan hubungan antar umat beragama di Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Kerukunan merupakan pilar pembangunan. Jika tidak rukun, maka keamanan tidak akan tercapai. Jika tidak aman, maka pembangunan tidak jalan, dan jika pembangunan tidak jalan, maka kesejahteraan tidak akan tercapai,” kata Budi.

Melalui peningkatan kerukunan umat beragama sesuai dengan ideologi Pancasila, menjadi sarana berkumpul dan berinteraksinya berbagai kelompok yang sama-sama menyadari bahwa keragaman agama bukan alasan untuk terjadinya konflik dan perpecahan.

“Bahkan dengan terbentuknya FKUB, menjadi medium yang efektif dalam menumbuhkan semangat persatuan bangsa dengan berlandaskan asas Ketuhanan Yang Maha Esa,” ungkapnya.

Ada pun yang menjadi peserta dalam kegiatan ini, yakni Badan Kemakmuran Masjid (BKM), Pengurus Gereja, Pengurus Kegiatan Ibadah dan masyarakat sosial.

Sedangkan tema yang diusung pada kegiatan tersebut “Melalui Pembinaan Peningkatan Kerukunan Umat Bergama Mari Kita Tingkatkan Keharmonisan dan Toleransi Antar Umat Beragama Sesuai Ideologi Pancasila di Kabupaten Tapanuli Tengah”

Dan yang menjadi pembicara dalam kegiatan ini adalah Ketua MUI Tapanuli Tengah, H Ngadiman KS, Ketua BKAG Tapanuli Tengah, Pastor Posma Manalu dan dari Kementerian Agama Tapanuli Tengah, Ismail. (ril)